Mengejutkan, Inflasi Jepang Cetak Rekor Tertinggi dalam 41 Tahun Terakhir

Minggu, 25 Desember 2022 - 07:00 WIB
loading...
Mengejutkan, Inflasi Jepang Cetak Rekor Tertinggi dalam 41 Tahun Terakhir
Inflasi Jepang meningkat di level tertinggi sejak 1981. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Inflasi harga konsumen inti Jepang naik menjadi 3,7% pada November tertinggi sejak 1981. Saat itu, Jepang dihantam kenaikan harga energi akibat krisis Timur Tengah akibat terkendala produksi minyak sehingga harga energi meningkat signifikan.

Setelah puluhan tahun, Jepang dilanda inflasi tinggi. Masyarakat Jepang kini mengalami kepedihan karena meskipun harga naik upah tetap stagnan.



Melansir BBC, Bank of Japan (BOJ) masih mempertahankan pelonggaran kebijakan moneter untuk mendorong perekonomian. Awal pekan ini, pasar pun dikejutkan dengan langkah BOJ mengerek batas suku bunga obligasi pemerintah 10 tahun dari 0,25% menjadi 0,5%.

Akibatnya, mata uang Jepang menlonjak terhadap dolar AS mencapai 151 yen per dolar AS untuk pertama kalinya sejak 1990. Mata uang Jepang yang terus melemah mengakibatkan kenaikan inflasi yang disebabkan tingginya biaya biaya impor. Tak hanya itu, konflik Rusia dan Ukraina juga mengakibatkan rantai pasok komoditas terganggu.



Kenaikan inflasi di Jepang yang sangat tinggi tersebut mengejutkan karena merupakan salah satu negara dengan tingkat inflasi terendah di dunia. Jepang menahan diri untuk tidak mengikuti negara-negara G7 lainnya yang secara bertahap menaikkan suku bunga untuk menahan kenaikan harga. Adapun tingkat inflasi tahunan di AS telah mencapai 7,1%, sedangkan di UE 11,1% , dan di Inggris 10,1%.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)