Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM Saat Nataru 2023, Ini Bentuk Kesigapan Pertamina

Minggu, 25 Desember 2022 - 18:15 WIB
loading...
Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM Saat Nataru 2023, Ini Bentuk Kesigapan Pertamina
Menjamin distribusi BBM dan LPG selama libur Natal dan Tahun (Nataru) 2022-2023, ini bentuk kesigapan Pertamina.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina menegaskan komitmen untuk menjamin distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama libur Natal dan Tahun (Nataru) 2022-2023 dengan membentuk Satgas Nataru Pertamina. Hal itu mendapatkan apresiasi dari Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo.

“Kita apresiasi hal tersebut, guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru, untuk tetap memantau pasokan sebagai sebuah bentuk pelayanan kepada masyarakat,” ujar Sartono dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).



Sartono mengatakan, pembentukan Satgas Nataru memang menunjukkan komitmen dan kesigapan Pertamina dalam menghadapi lonjakan arus lalu lintas. Terlebih, imbuhnya, pembentukan Satgas juga dibarengi penyediaan sejumlah layanan pendukung di jalur potensial, seperti jalur tol, jalur wisata, dan jalur utama.

Layanan tersebut antara lain berupa SPBU Siaga, Agen & Outlet LPG Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, Mobil tangki stand by, dan fasilitas kesehatan. “Semua itu menunjukkan kesigapan Pertamina untuk mengantisipasi lonjakan permintaan,” imbuh Sartono.

Selain itu, Sartono juga menilai positif pemantauan manajemen Pertamina melalui Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari Upstream, Kilang, Perkapalan, Terminal BBM hingga ke SPBU.

Melalui Command Center ini, CCTV SPBU dan stok kritis di SPBU dapat termonitor dan dapat menjadi prioritas Utama pengiriman BBM. Melalui pemantauan itulah, lanjutnya, Pertamina menjamin operasional perusahaan.



Begitupun Sartono meminta Pertamina, agar meningkatkan pengawalan agar distribusi BBM dan LPG benar-benar lancar. Hal itu antara lain, bisa dilakukan dengan penambahan SDM (Sumber Daya Manusia) di lapangan.

Lewat penambahan SDM, kata dia bisa lebih mempercepat respons di masing-masing wilayah. “Jadi ini memang tugas utama direksi dan jajarannya. Supaya ke depan, pelayanan akan semakin membaik,” ujar Sartono.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)