Pertanian Modern ala Smart Green House, Tingkatkan Produksi Hortikultura dan Gaet Petani Milenial

Senin, 26 Desember 2022 - 15:24 WIB
loading...
Pertanian Modern ala Smart Green House, Tingkatkan Produksi Hortikultura dan Gaet Petani Milenial
Program pertanian digital dengan teknologi Screen House atau Smart Green House (SGH) yang diinisiasi Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) mulai dinikmati petani di Mojokerto, Jawa Timur.
A A A
JAKARTA - Program pertanian digital dengan teknologi Screen House atau Smart Green House (SGH) yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP), mulai dinikmati petani di Mojokerto, Jawa Timur.

SGH merupakan program terobosan Kementan untuk membangun pertanian modern. SGH juga diproyeksikan menjadi pemikat atau meningkatkan minat kaum milenial di sektor pertanian, khususnya di bidang hortikultura.

Dengan adanya SGH, produksi pertanian akan meningkat dengan kualitas dan kemasan yang memiliki nilai tambah tinggi hingga diharapkan mampu menembus pasar modern dan bahkan untuk ekspor.

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

SGH juga bagian dari upaya mendorong digitalisasi pertanian yang tujuan di hilirnya adalah meningkatkan produksi pertanian. Pada aplikasinya, pertanian dengan SGH ini menerapkan dan memaksimalkan teknologi digital untuk pengembangan pertanian.

SGH akan menghadirkan pertanian smart farming. Nantinya petani tidak perlu lagi ke lahan pertanian untuk mengontrol tanaman. Bagaimana tidak modern, kendali pembudidayaan tanaman pertanian bisa dilakukan melalui smartphone berbasis Android dan komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Di dalam SGH dipasang sejumlah sensor untuk memantau suhu, penggunaan air, hingga kebutuhan cahaya ada dalam rangkian sistek. Semuanya diatur melalui sensor yang terhubung ke smartphone maupun laptop.

Berkat teknologi ini, petani dilindungi dari ancaman gagal panen akibat cuaca yang berubah-ubah. Selain itu, penggunaan pupuk dan air akan semakin terukur.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

“SGH adalah suatu bangunan yang didirikan untuk bercocok tanam dengan dipantau digitalisasi,” kata Kepala Dinas Pertanian Mojokerto, Nurul Istiqomah dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)