Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital

Senin, 26 Desember 2022 - 17:38 WIB
loading...
Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital
(foto: pixabay)
A A A
JAKARTA - Online bank mendorong digitalisasi UMKM untuk memperluas pasar produk UMKM. Digitalisasi membuka peluang besar untuk memperluas pemasaran produk UMKM melalui media digital. Apalagi dukungan digitalisasi perbankan yang memudahkan transaksi pembayaran. Layanan online banking adalah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk memperlancar transaksi dari nasabah tanpa harus datang ke kantor, bahkan bisa dilakukan dari rumah.

Tips Sukses dan Cara Mengembangkan UMKM Bertahan di Pasar Digital
Penggunaan digitalisasi dalam berbagai sektor tidak selalu berdampak positif. Bagi yang tidak cepat mengadopsinya justru akan semakin tertinggal dan kalah dalam persaingan usaha. Ini yang menyebabkan banyak pengusaha gulung tikar setelah semakin majunya digitalisasi.

Namun bagi yang tanggap bisa membuka berbagai peluang usaha dan mendorong kemajuan bisnis. Agar tidak tertinggal, pelaku usaha harus segera memanfaatkan fasilitas dan keunggulan digitalisasi tersebut. Bahkan dengan perencanaan dan penanganan yang tepat bisa membuat bisnis semakin berkembang dan menguntungkan.

Sebelumnya, untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi, pelaku usaha, termasuk UMKM perlu mengeluarkan upaya agar dapat menggunakannya dengan baik. Berikut tips dan cara mengembangkan usaha UMKM agar bertahan di pasar digital.

1. Tetapkan tujuan
Langkah pertama yang harus dilakukan pebisnis adalah menentukan tujuan dari usaha. Apakah hanya untuk mengisi waktu atau mempunyai target penghasilan tertentu. Jika mempunyai target penghasilan maka harus mulai Menyusun strategi sehingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Digitalisasi dalam semua sektor bisa membantu untuk lebih mengenalkan produk sehingga banyak peminatnya. Untuk menaikkan keuntungan bisa dengan efisiensi biaya produksi dan pengelolaan atau meningkatkan jumlah penjualan. Peningkatan jumlah penjualan membutuhkan modal untuk menyediakan produk. Hal ini perlu mendapat pertimbangan.

2. Pahami perilaku konsumen
Selanjutnya memahami perilaku konsumen sangat penting. Beberapa kelompok lebih memilih produk dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas. Namun tidak sedikit yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asal sesuai dengan kualitas dan kepuasan pelayanan. Kedua hal ini sama-sama bisa meningkatkan pendapatan.

Lakukan riset sederhana dengan cara simpel seperti meminta testimoni atau komentar pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan. Masukan ini bisa menjadi bahan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga konsumen lebih puas dengan produk yang dibeli atau dibayarnya.

3. Pelajari digital tools
Pemahaman digital tools bisa membantu pengguna mendapatkan manfaat lebih. Developer aplikasi biasanya sudah menyediakan tools untuk memudahkan pengguna. Selain itu bisa juga dengan mencari tahu sendiri. Banyak website yang memberikan review dan cara penggunaan yang tepat untuk memudahkan pengguna.

4. Perkuat kemampuan
Kemampuan memiliki usaha UMKM yang bervariasi bisa mendukung pengembangan usaha dan memenangkan persaingan. Dengan berbagai kemampuan tidak menutup kemungkinan bisa menggabungkan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas produksi dan pelayanan sehingga konsumen senang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3423 seconds (0.1#10.140)