Bendungan Sadawarna Habiskan Uang Tak Sedikit, Jokowi Target Produksi Pertanian Naik 1,8 Juta Ton/Tahun

Selasa, 27 Desember 2022 - 13:37 WIB
loading...
Bendungan Sadawarna Habiskan Uang Tak Sedikit, Jokowi Target Produksi Pertanian Naik 1,8 Juta Ton/Tahun
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan, wanti-wanti bahwa kehadiran bendungan Sadawarna harus bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Foto/Dok
A A A
SUMEDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan, wanti-wanti bahwa kehadiran bendungan Sadawarna harus bisa meningkatkan produktivitas pertanian . Hal ini disampaikan saat peresmian bendungan Sadawarna yang terletak di Kabupaten Subang dan Sumedang, Jawa Barat.



Jokowi mengatakan dengan adanya bendungan Sadawarna tersebut, ditargetkan produksi pertanian meningkat dari sebelumnya 1,3 juta ton menjadi 1,8 ton pertahunnya. Hal tersebut juga ditekankan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengawal produktivitas pertanian di Jawa Barat.

"Waduk ini menghabiskan anggaran Rp2,60 triliun, bukan uang sedikit. Kalau waduk sudah ada, nanti Indramayu tidak naik produksi padinya, Awas," ujar Presiden saat meresmikan bendungan Sadawarna, Selasa (27/12/2022).

Menurutnya dengan adanya bendungan tersebut bisa tetap mempertahankan predikat Indramayu sebagai kontributor terbesar dalam penghitungan surplus beras di Indonesia.

"Karena kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus nomor 1 terbesar di indonesia dan kita harapkan tidak turun tapi naik dari 1,3 juta ton jadi 1,8 juta ton untuk kabupatem Indramayu," lanjut Presiden.



Presiden menjelaskan, waduk Sadawarna mempunya luas genangan 680 hektar dan mampu mengairi kurang lebih 4280 hektare sawah yang ada di bawahnya yang terbagi di Kabupaten Subang sebesar 2.517 ha dan Kabupaten Indramayu sebesar 1.767 ha.

"Kita harapkan dengan banyaknya waduk-waduk yang dibangun di Indonesia, kita harapkan produktivitas padi utamanya dan komoditas holtikultura dan yang lain-lainnya bisa naik dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan semakin baik," kata Presiden.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambahkan melalui pembangunan bendungan cukup berdampak pada produktivitas pertanian yang ada di Jawa Barat. Terutama pada 3 bendungan baru yang diresmikan di Sumedang, seperti Bendungan Jatigede, Sadawarna, dan Cipanas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)