Menhub Ungkap 2 Negara yang Kepincut Membeli Bandara Kertajati

Kamis, 29 Desember 2022 - 17:12 WIB
loading...
Menhub Ungkap 2 Negara yang Kepincut Membeli Bandara Kertajati
Ada dua negara yang tertarik membeli Bandara Kertajati. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa saat ini sudah ada dua negara yang menyatakan ketertarikannya terhadap Bandara Kertajati . Kedua negara yang dimkasud adalah India dan Arab Saudi.



Nantinya, sebagian kepemilikan pemerintah di Bandara Kertajati akan dijual ke negara-negara yang tadi tertarik. Belum terungkap besaran kepemilikan yang bakal dilepas itu.

"Kami bersama Pemda Jabar menawarkan untuk dilusi. Artinya dari India dan Saudi berminat untuk membeli saham dari Kertajati (Bandara)," kata Menhub pada jumpa pers akhir tahun, dikutip Kamis (29/12/2022).

Menhub berharap ketertarikan India dan Arab Saudi terhadap Bandara Kertajati bisa meningkatkan konektivitas. Alhasil, bandara itu tak lagi sepi dan merugi.

Dalam kunjungan kerja ke India dan Arab Saudi beberapa waktu lalu, Menhub juga meminta para maskapai besar asal Arab, Qatar, dan Uni Emirat Arab untuk membuka penerbangan langsung ke Bandara Kertajati. Dengan demikian ada tambahan konektivitas di bandara.

"Pada dasarnya untuk Saudi, Qatar, Etihad dan Emirates kami minta penerbangan silakan dalam jumlah yang besar. Kepada Saudi, kami minta secara khusus minta mendedikasikan penerbangan dari Saudi langsung ke Kertajati," paparnya.

Menhub mengatakan bahwa Presiden Jokowi menyetuji agar Bandara Kertajati nantinya juga tetap bisa dikembangkan untuk angkutan kargo dan bengkel pesawat, tidak hanya untuk penumpang.

"Bapak Presiden sangat setuju juga Kertajati bisa jadi MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) dan juga untuk kargo, karena dekat Patimban dan itu sangat baik," kata Menhub.



Bandara tersebut juga digencarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengangkut jemaah haji dan umroh dari wilayah Jawa Barat.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)