Mendag: Mandatori Biodisel Bikin Harga Minyak Stabil

Senin, 06 April 2015 - 12:42 WIB
Mendag: Mandatori Biodisel Bikin Harga Minyak Stabil
Mendag: Mandatori Biodisel Bikin Harga Minyak Stabil
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menegaskan meski kebijakan mandatori penggunaan biodiesel berbasis sawit sebesar 15% (B-15) pada solar dilakukan secara konsisten, pasokan minyak sawit (CPO) untuk kebutuhan pangan (minyak goreng dan margarin) tidak akan terganggu.

Menurut dia, kebijakan itu justru akan membuat harga minyak domestik akan lebih stabil. Pasalnya, alokasi CPO untuk biodiesel berasal dari kelebihan produksi yang selama ini diekspor.

Dia menjelaskan, pengurangan dari ekspor akan menyebabkan pasokan CPO di pasar internasional berkurang. Kemudian dengan sendirinya berpotensi mendongkrak harga CPO dunia.

"Dengan naiknya harga CPO dunia, maka secara otomatis akan menguntungkan para petani lokal diikuti dengan peningkatan pendapatan mereka," ujarnya di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Mendag menyampaikan, pihaknya mendukung kebijakan B-15 karena berdampak positif untuk petani, pemerintah, dan industri kelapa sawit.

Di samping itu, menurutnya, kebijakan ini tidak akan memengaruhi pasokan minyak goreng nasional karena pasokan sawit terus berkembang cepat daripada permintaannya.

Minyak goreng yang pada umumnya dibeli oleh masyarakat dari golongan berpendapatan rendah termasuk oleh pelaku usaha skala mikro dan UKM, yang mendorong para produsen minyak goreng untuk membantu pemerintah dalam melakukan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok.

"Kita merupakan mitra, tentu ini hasil bumi akan menjadi salah satu produk unggulan untuk meningkatkan ekspor Indonesia," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9274 seconds (0.1#10.140)