Perbandingan Harga Minyak Rusia dengan Harga Pasaran Minyak Mentah Dunia

Selasa, 03 Januari 2023 - 12:02 WIB
loading...
Perbandingan Harga Minyak Rusia dengan Harga Pasaran Minyak Mentah Dunia
Harga minyak Rusia di wilayah Asia masih bertahan jauh di atas batas USD60 per barrel nya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Harga minyak Rusia di wilayah Asia masih bertahan jauh di atas batas USD60 per barrel nya. Hal tersebut merupakan keputusan dari pihak sekutu dan Amerika Serikat.

Pada awal konflik Rusia-Ukraina, harga minyak mentah Rusia relatif lebih murah dibandingkan dengan harga minyak dunia . Terhitung sejak awal April 2022, minyak mentah dari Rusia lebih murah USD35 per barel.

Dikutip dari piie-com, jika dihitung, harga tersebut 34 persen lebih murah dari harga patokan harga minyak internasional. Diskon tersebut merupakan penawaran dari Rusia kepada negara-negara di dunia guna menemukan pembeli tetap.

Baca juga : Rencana AS Batasi Harga Minyak Rusia Disebut Ide Konyol

Namun harga yang ditawarkan oleh Rusia tersebut ditolak mentah oleh negara-negara di Eropa karena alasan reputasi. Selain itu banyak negara Eropa yang mengecam keras tindakan Rusia yang menginvasi Ukraina.

Akibat dari embargo yang dilakukan oleh Eropa tersebut maka Rusia kembali menjual minyak mentahnya dengan harga yang lebih murah. Dengan harga tersebut beberapa negara di dunia seperti India tertarik untuk membelinya.

Dikutip dari reuters-com, Negara India telah membeli banyak minyak mentah di Rusia dengan harga yang sangat murah. Bahkan Rusia juga memberikan asuransi kepada India atas pengiriman minyak menggunakan kapalnya.

Dari kalkulasi harga antara asuransi dan harga minyak terus mengalami penurunan atau diskon. Diskon kepada India sebesar USD12-USD15 per barel dibandingkan dengan rata-rata bulanan Brent, turun dari diskon USD5- USD8 per barel pada Oktober dan USD10-USD11 di bulan November.

Harga tersebut tentu sangat berbeda dengan batas harga minyak internasional yang jauh lebih mahal. Bahkan pada akhir tahun ini diperkirakan akan mengalami kenaikan karena untuk menanggulangi kekhawatiran dari negara-negara penghasil minyak.

Dikutip dari tradingeconomics-com, minyak mentah dunia telah diperdagangkan di atas USD78 per barel dan akan naik hampir 5% dalam setahun yang ditandai oleh volatilitas ekstrim karena berbagai risiko pasokan bersaing dengan kekhawatiran permintaan yang terus-menerus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)