Produk UMKM Rumah BUMN Balikpapan Tembus Hotel Bintang Lima

Minggu, 08 Januari 2023 - 16:17 WIB
loading...
Produk UMKM Rumah BUMN Balikpapan Tembus Hotel Bintang Lima
Produk unggulan UMKM binaan Rumah BUMN Balikpapan kini tersedia bagi para tamu di Hotel Grand Jatra Balikpapan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Rumah BUMN Balikpapan terus mendampingi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaannya untuk memperluas pasar. Salah satunya, mengantarkan produk unggulan dari enam UMKM Balikpapan menembus hotel bintang lima.

Produk UMKM binaan yang telah lolos kurasi tersebut kini melengkapi minibar di setiap kamar Hotel Grand Jatra Balikpapan. Produk-produk itu antara lain, crispy brownie, kriuk kepiting, mantau oven, amplang rasa telur asin dan cimi cimi daun kelor kepiting.



"Mengawali tahun 2023 ini kami telah melakukan serah terima produk unggulan dari enam UMKM yakni Fishday, Kampoeng Timur, Mantau Fya, Idil Fifta, Pawon dan Nitiya untuk mengisi Hotel Grand Jatra Balikpapan. Kami juga tengah melakukan proses negosiasi dengan dua hotel berbintang lainnya," terang Supervisor Rumah BUMN Balikpapan Novi, melalui siaran pers, Minggu (8/1/2023).

Salah satu UMKM yang lolos kurasi yaitu Fishday, dengan produk unggulan olahan ikan amplang. Pemilik usaha Fishday Endah Tri Hapsari mengapresiasi Pertamina yang melalui Rumah BUMN Balikpapan telah memberikan pendampingan kepada para UMKM loka. "Peluang kami untuk bisa memperluas pasar kini semakin terbuka. Kesempatan ini memacu kami untuk mempertahankan kualitas produk, dan membuat inovasi baru," ujar Endah.



Menurut Novi, selama ini Rumah BUMN Balikpapan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk terus melakukan inovasi produk mengikuti tren saat ini. Hal itu penting mengingat semakin banyaknya kompetitor dan semakin kritisnya konsumen dalam memilih produk, khususnya produk makanan. "Hal ini tentu saja diiringi dengan persiapan yang terus dilakukan, salah satunya melalui berbagai program pelatihan," tandasnya.

VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman menambahkan, Rumah BUMN memiliki visi dan misi untuk mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM menjawab tantangan. Utamanya di bidang pengembangan usaha, peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran, dan kemudahkan akses permodalan.

Menurut Fajriyah, kendala yang kerap dihadapi UMKM lokal yakni kesulitan mengatur manajemen keuangan akibat digunakannya juga sebagai modal usaha. Untuk itu, melalui program PUMK dari SMEPP Pertamina, para pelaku usaha dapat mendaftar untuk bisa menjadi UMKM binaan untuk mendapatkan pinjaman modal dengan syarat yang sangat mudah. "Selain bantuan modal, para pelaku UMKM akan diberikan berbagai pendampingan dan pelatihan untuk bisa naik kelas,"pungkas Fajriyah.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)