Pengusaha Ingin Cawe-cawe dalam Pembuatan Aturan Turunan Perppu Cipta Kerja

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:10 WIB
loading...
Pengusaha Ingin Cawe-cawe dalam Pembuatan Aturan Turunan Perppu Cipta Kerja
Pengusaha mengatakan bahwa semangat Perppu Cipta Kerja untuk membuka lapangan kerja. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Komite Regulasi Ketenegakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo ) Myra Hanartani berharap pemerintah bisa mengajak para pelaku usaha dalam mengerjakan aturan turunan dari Perppu No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Pelibatan pengusaha bertujuan agar aturan turunan yang diterbitkan bisa mengakomodasi aspirasi dunia usaha dan memberikan masukan kepada pemerintah tentang kondisi dunia usaha.



"Harus begitu, memang semangat pemerintah menerbitkan regulasi untuk menciptakan lapangan kerja. Tentu teman-teman pelaku usaha dan pekerja yang sehari-hari melaksanakannya. Mereka yang nantinya akan menjalankan aturan," ujar Myra dalam Market Review IDXChannel, Selasa (10/1/2023).

Pelibatan itu juga bertujuan agar aturan yang dibuat menjadi implementatif. Tidak sekedar aturan tertulis, apalagi jika malah memberatkan para pelaku usaha ataupun para pekerja.

"Pelru sekali ada stakeholder ketenagakerjaan itu duduk bareng, hal seperti ini lho yang harusnya ditetapkan," sambungnya.

Myra sepakat jika Perppu Cipta Kerja merupakan instrumen untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakat. Alhasil, angka pengangguran bisa ditekan dan ekonomi bisa bertumbuh.



"Kami dari dunia usaha sangat konsen dengan aturan lanjutannya, karena perppu ini juga sudah keluar. Kami dari dunia usaha sangat mengharapkan PP nantinya tetap memuat semangat untuk membuka kesempatan kerja bagi setiap orang," kata Myra.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)