Rupiah Lesu Imbas Megawati Tunda Kejutan Pengumuman Calon Presiden

Selasa, 10 Januari 2023 - 17:19 WIB
loading...
Rupiah Lesu Imbas Megawati Tunda Kejutan Pengumuman Calon Presiden
Rupiah ditutup melemah menunggu kejutan pengumuman calon presiden dari PDIP. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup melemah 8 point di level Rp 15.575 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Selasa (10/1/2023). Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan rupiah ini dipicu oleh situasi politik yang tengah memanas dibicarakan publik.

"Pelaku pasar saat ini tertuju pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuanagn (PDIP) ke-50. PDIP merupakan partai politik terbesar di Indonesia yang sampai saat ini masih berkuasa. Dalam HUT tersebut, Megawati Soekarnoputri akan memberikan kejutan dengan mengumumkan kandidat calon presiden yang akan di usung," terang Ibrahim dalam pernyataannya, Selasa (10/1/2023).

Lihat Foto: Megawati Sampaikan Pidato Kebangsaan di HUT PDI Perjuangan ke-50

Oleh karena itu, para pelaku pasar tengah menunggu siapa nama yang akan diumumkan oleh ketua partai berlambang kepala banteng tersebut. Adapun rumor yang beredar, nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang merupakan kader terbaik dari partai ini.

"Dari dua kandidat yang di usung PDIP tersebut, pelaku pasar lebih tertarik terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Karena berdasarkan riset di berbagai Lembaga survey nasional, nama Ganjar Pranowo selalu menempati urutan pertama di bandingkan dengan pasangan lainnya, termasuk Puan Maharani," kata Ibrahim.



Teka-teki siapa kandidat yang dipilih Megawati Soekarnoputri inilah yang menjadi tanda tanya besar bagi pelaku pasar sehingga memicu pelemahan mata uang Indonesia sore ini. Di samping itu, dia memprediksi, untuk perdagangan besok, Rabu (11/1) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 15.560 - Rp 15.620.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)