Investasi di Luar Pulau Jawa Capai 53%, Jokowi: Artinya Pemerataan Ekonomi Akan Terjadi

Rabu, 11 Januari 2023 - 20:46 WIB
loading...
Investasi di Luar Pulau Jawa Capai 53%, Jokowi: Artinya Pemerataan Ekonomi Akan Terjadi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pemerataan ekonomi akan semakin besar seiring dengan peningkatan arus modal yang datang ke luar pulau Jawa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pemerataan ekonomi akan semakin besar seiring dengan peningkatan arus modal yang datang ke luar pulau Jawa. Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Nasional dan Musyawarah Dewan Partai PBB pada hari ini Rabu (11/1).

" Investasi di luar Jawa sudah berada di angka 53%, di luar Jawa tahun 2022 sudah berada di angka 53%. Artinya di Jawa hanya 47 persen. Kalau ini terus membesar artinya pemerataan ekonomi itu akan terjadi tidak hanya di Jawa saja tetapi juga terjadi di luar Jawa," ujar Jokowi dalam sambutannya dalam Rakornas Partai PBB, Rabu (11/1/2023).



Jokowi mengatakan, bahwa Indonesia memiliki kurang lebih 17 ribu pulau, dan pulau Jawa telah menyumbang produk domestik bruto (PDB) sebanyak 56%.

"56 persen PDB ekonomi ada di Jawa terus yang pulau yang lain yang 17.000 itu disisain berapa-berapa? dapat kita bayangkan," kata Jokowi.



Maka dari itu, Jokowi ingin adanya pemerataan ekonomi di seluruh pulau di Indonesia. Menurutnya, saat ini penduduk di pulau Jawa sudah sangat padat.

"Penduduk juga sama, 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa, sudah sangat dan terlalu padat penduduk dan ekonomi yang berada di Pulau Jawa. Inilah yang terus ingin kita lakukan pemerataan ekonomi," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)