Pengiriman EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kloter 2 Dimulai, Jumlahnya 4 Rangkaian

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:48 WIB
loading...
Pengiriman EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kloter 2 Dimulai, Jumlahnya 4 Rangkaian
Pengiriman Electric Multiple Unite (EMU) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) batch dua dimulai yang berjumlah 4 rangkaian, lalu sisanya akan dikirimkan bertahap hingga Maret 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengiriman Electric Multiple Unite (EMU) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) batch dua dimulai Rabu (11/1). Sebanyak empat rangkaian EMU yang akan dimobilisasi secara bertahap menuju Depo Tegalluar Bandung .



Untuk diketahui sebanyak empat rangkaian EMU proyek KCJB telah tiba di Indonesia pada 25 Desember 2022 lalu. Saat ini rangkaian EMU tersebut sudah berada di PLB Cakung.

“Alhamdulillah, rangkaian EMU dalam pengiriman batch 2 sudah mulai dimobilisasi menuju Depo Tegalluar. Semoga proses mobilisasi ini bisa berjalan lancar," ujar GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Rahadian Ratry dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (12/1/2023).



Rahadian menyebutkan, kedatangan empat rangkaian EMU ini menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi enam rangkaian dari 11 rangkaian kereta cepat yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB.

Proses pengiriman EMU batch-2 ini ke Depo Tegalluar melibatkan tim pengawalan dari tim Ditgakum Korlantas Polri. Rahadian menjelaskan, teknis pengawalan berlangsung dengan melakukan koordinasi, inspeksi terhadap kelayakan alat angkut atau transportasi dan persiapan SDM, kelengkapan atribut, hingga pengawalan mobil patroli di depan dan di belakang angkutan setiap perjalanan.

Mobilisasi EMU menuju Depo Tegalluar ini dijalankan secara bertahap dan akan berlangsung pada malam hari agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Proses pengiriman dilakukan sesuai dengan SOP dan arahan dari tim Dirgakum Korlantas Polri. Tentu kami berterima kasih kepada seluruh pihak terkait atas kerjasamanya untuk kelancaran proyek Kereta Api Cepat pertama di ASEAN ini," paparnya.

Pada prosesnya, Rahadian mengatakan, perjalanan dibagi menjadi dua periode untuk menuju Depo Tegalluar. Periode pertama berlangsung dari titik nol di PLB Cakung menuju rest area di KM 72. Di hari berikutnya atau periode kedua, pengawalan berlangsung dari rest area KM 72 menuju tujuan akhir di depo Tegalluar.

Setibanya di Depo Tegalluar, rangkaian EMU ini akan dirakit ulang sebelum kemudian dilakukan pengujian baik itu pengujian fitur kereta api cepat secara statis ataupun dinamis. Untuk 5 rangkaian kereta api cepat lainnya, Rahadian menyebutkan, akan tiba di Indonesia secara bertahap hingga Maret 2023.

"Proses pengiriman dan mobilisasi EMU menuju Depo Tegalluar ini menjadi salah satu bagian dari persiapan jelang operasional. Kami memohon doa agar semua prosesnya bisa berjalan lancar dan memohon maaf apabila proses mobilisasi EMU ini menganggu arus lalu lintas," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)