5 Jenis Emas yang Pas untuk Investasi, Pilih Mana?

Senin, 16 Januari 2023 - 09:49 WIB
loading...
A A A
- Emas putih atau white gold
Jenis ini terbuat dari emas murni serta campuran perak dan paladium. Perhiasan ini dipoles dengan rhodium agar terlihat mengkilap. Secara umum harganya lebih mahal dibanding emas kuning.

- Emas merah atau rose gold
Perhiasan ini merupakan campuran antara emas dan tembaga. Warna dari tembaga inilah yang membuat emas tampak kemerahan. Selain lebih murah dari emas putih dan emas kuning, jenis perhiasan ini lebih kuat dan tahan lama.



2. Emas Batangan
Ketika kebanyakan orang berpikir tentang investasi emas maka emas batangan adalah apa yang mereka pikirkan. Bayangannya adalah batangan emas besar dan berkilau, dikunci dalam lemari besi.

Emas batangan biasanya memiliki kadar 24 karat. Emas ini cocok dijadikan instrumen investasi. Pilihan beratnya bervariasi, mulai 0,5 gram hingga 1 kg. Harganya juga menyesuaikan berat emas batangan.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi emas batangan, ada baiknya juga selalu mengikuti perkembangan harga emas. Sehingga, Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk membeli, di mana mayoritas dealer memperbarui harga emas batangan berdasarkan harga spot saat ini.

3. Emas Koin
Emas koin atau koin emas juga kerap dipakai sebagai alat investasi. Harga koin emas umumnya mengalami kenaikan setiap tahun. Adapun koin emas ini terbuat dari emas murni.

Di pasar internasional, contoh koin emas yang paling banyak tersedia di antaranya South African Krugerrands, Canadian Maple Leafs, dan American Gold Eagles.

Harga koin emas mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan kandungan emasnya. Koin yang dapat dikoleksi sesuai permintaan biasanya sering diperdagangkan dengan harga premium.

Koin American Gold Eagle misalnya, untuk ukuran satu ons dijual seharga lebih dari USD2.000 pada pertengahan September 2020 silam. Harga tersebut hampir 5% lebih tinggi dibandingkan emas batangan dengan berat yang setara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)