Siap Diresmikan Jokowi, Gedung PYCH Tingkatkan SDM Papua

Senin, 16 Januari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Siap Diresmikan Jokowi, Gedung PYCH Tingkatkan SDM Papua
Megahnya Gedung PYCH Papua yang akan Diresmikan Presiden Jokowi. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAYAPURA - Anak-anak muda Papua lolos seleksi pemilihan model untuk tampil pada acara peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua. Sebanyak 30 orang terpilih dalam audisi yang diadakan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI).

"Kita mengadakan audisi model, itu ratusan peserta yang ikut dan semua sangat berbakat. Tapi terpilih yang terbaik dari yang terbaik, ada 30 model yang terpilih," kata Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar melalui pernyataannya, usai audisi di gedung PYCH, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (16/1/2023).

Dia mengungkapkan, ada ratusan anak muda Papua yang antusias mengikuti audisi tersebut. Mereka akan tampil mengenakan busana terbaik karya para desainer asli Tanah Papua. Billy menyatakan, talenta muda Papua itu akan tampil dihadapan Presiden Joko Widodo yang akan segera meresmikan gedung megah, bernuansa adat dan berfasilitas lengkap, kebanggan anak muda Papua tersebut.



Selain itu, pihaknya juga menggelar audisi dancer, marching band hingga nanti akan ada kegiatan carnaval PYCH. Billy menegaskan, PMI ingin menunjukkan generasi emas muda Papua dengan berbagai bakat dan talenta, yang akan turut membangun Indonesia.

"Carnaval sebelum peresmian tujuannya untuk menunjukkan, kita bukan hanya menyediakan bangunan PYCH, tapi bahwa manusia dan talentanya itu sudah ada, sebelum bangunannya itu jadi," Billy yang juga merupakan stafsus Presiden.

Salah satu peserta, audisi, Cheniva Yarangga (17), mengaku senang karena terpilih menjadi salah satu model putri. Ia bertekad akan menampilkan performa terbaiknya pada acara peresmian.

"Perasaan saya sangat senang. Saya sebenarnya sangat gugup untuk tampil dihadapan presiden, tapi saya akan memberikan yang terbaik," tegas wanita asal Jayapura tersebut.

Tingkatkan SDM

Gedung YPCH yang akan diresmikan Presiden Jokowi ini memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan. Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari ratusan orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pertunjukkan, keagamaan dan lainnya. "Kita fokusnya mendidik dan meningkatkan SDM Papua," tegas Billy Mambrasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)