PHI Tegaskan Komitmen Operasi Migas yang Selamat dan Berwawasan Lingkungan

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:15 WIB
loading...
PHI Tegaskan Komitmen Operasi Migas yang Selamat dan Berwawasan Lingkungan
PT Pertamina Hulu Indonesia menegaskan komitmen dalam menjalankan operasi hulu migas yang selamat dan berwasasan lingkungan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan operasi hulu migas yang selamat serta berwasasan lingkungan. Hal itu antara lain dibuktikan perusahaan yang pada 2022 lalu menerima pengakuan atas kinerja lindung lingkungan dan pengembangan masyarakat atau CSR yang inovatif dari pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pada 2022 lalu, PHI meraih penghargaan PROPER peringkat tertinggi, yaitu emas untuk 4 lapangan migasnya dan 5 predikat hijau pada lima lapangan migas lainnya di Kalimantan. PROPER merupakan Public Disclosure Program for Environmental Compliance yang digelar oleh KLHK. PROPER Emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian PROPER dengan penekanan kepada penilaian program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.



"Pengakuan KLHK kepada kinerja lindung lingkungan PHI mendorong kami untuk terus menjalankan operasi migas berwawasan lingkungan melebihi kepatuhan. Alhamdulillah kami dapat mewujudkan komitmen kami untuk menjalankan operasi migas yang selamat, handal, patuh dan ramah lingkungan sejalan dengan strategi Pertamina untuk transisi energi
dan zero emission," ujar Manager Communication Relations & CID Regional Kalimantan Dony Indrawan di acara diskusi bersama media di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Dony menjelaskan, keempat PROPER emas PHI diperoleh melalui PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dengan program Water Supply Sistem (WSS) Saliki dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) melalui program Gerbang Insan Mapan (Gerakan Pembangunan Integrasi Perikanan dan Pertanian Menuju Kemandirian Pangan).



Selanjutnya, PROPER emas juga diperoleh melalui PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field dengan program Kubedistik (Kelompok Usaha Bersama Disabilitas Batik), dan PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field melalui program Kantong Kentungan Peternakan Ayam Broiler yang dikenal sebagai Program Kentungan Pak Abo. Sementara, lima predikat PROPER Hijau diterima oleh PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU), PEP Sangasanga, PEP Sangatta, PEP Sangatta Semberah, dan PEP Tanjung.

PROPER tahun 2022 ini, kata Dony, memberikan kesempatan bagi PHI untuk terus menjalankan program-program pengembangan masyarakat yang mendukung pencapaian tujuan-tujuan pengembangan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). "Semuanya dijalankan dengan menjalankan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan sehingga mampu menciptakan manfaat dan nilai yang dinikmati bersama (creating shared value)," imbuhnya.

Dony menambahkan, keberhasilan ini tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan informasi mengenai program lindung lingkungan dan CSR perusahaan kepada para pemangku kepentingan. "Terima kasih banyak atas dukungan media selama ini sehingga informasi perusahaan dapat diamplifikasi kepada khalayak yang lebih luas," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)