5 Bank Asal China dengan Aset Terbesar di Tahun 2022

Rabu, 18 Januari 2023 - 18:25 WIB
loading...
5 Bank Asal China dengan Aset Terbesar di Tahun 2022
China merupakan negara yang memiliki peran besar dalam kondisi keuangan global. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - China merupakan negara yang memiliki peran besar dalam kondisi keuangan global . Faktanya lima bank dari negeri tirai bambu ini menduduki peringkat teratas di dunia dengan total asetnya yang besar.

Menurut investopedia, sistem perbankan di China memang telah mengalami perubahan yang besar dalam dua dekade pertama sejak tahun 2000-an.

Operasi keuangan yang masih digenggam oleh pemerintah ini tidak hanya bertanggung jawab atas perencanaan dan implementasi kebijakan moneter, namun juga dalam memelihara semua sistem kliring, pembayaran, dan penyelesaian sektor perbankan, serta mengawasi Administrasi Valuta Asing Negara, atau SAFE, yang menetapkan valuta asing.

Baca juga : Dua Bank China di Indonesia: Salah Satunya Lebih Tua dari BRI

Berikut lima bank China yang memiliki aset terbesar di tahun 2022 menurut laman statista :

1. Industrial & Commercial Bank of China

Menempati posisi pertama, Industrial & Commercial Bank of China (ICBC) merupakan perusahaan multinasional terbesar yang memiliki total aset USD 5.52 triliun di tahun 2022.

Bank yang telah berdiri sejak 1984 ini telah berkembang pesat dan memiliki lebih dari 400 anak perusahaan di luar negeri. Salah satunya adalah cabang yang dibuka di Kuwait pada tahun 2014.

2. China Construction Bank

Posisi kedua ditempati China Construction Bank (CCB) yang memiliki aset sebesar USD 4.75 triliun. Bank ini telah mengoperasikan 15.000 cabang pada tahun 2020, dengan anak perusahaan yang didirikan di Luksemburg, Afrika Selatan, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Australia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)