HT: Rupiah Menguat Bagus bagi Ekonomi Indonesia

Sabtu, 13 Juni 2015 - 17:27 WIB
HT: Rupiah Menguat Bagus bagi Ekonomi Indonesia
HT: Rupiah Menguat Bagus bagi Ekonomi Indonesia
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menegaskan, jika nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menguat akan dapat mendorong perekonomian Indonesia dan baik bagi pengusaha.

HT pun tidak sepakat jika penguatan rupiah dinilai tidak bagus untuk perekonomian Tanak Aair. "Siapa yang bilang itu? Mana ada rupiah menguat jelek, justru bagus bagi perekonomian dan dunia usaha. Saya siap berdebat, mana ada itu menguat jadi tidak bagus," ujarnya usai penganugerahan MNC Business Awards di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (12/6/2015) malam.

Menurutnya, posisi rupiah yang ideal adalah berada pada Rp12.000/USD. Sementara saat ini posisi rupiah dalam posisi membahayakan.

"Sebaiknya bisa kembali lagi level yang lebih baik di Rp12.000, idealnya. Pelemahan saat ini buruk, 17 tahun jalan reformasi, kita balik lagi ke 1998. Saya tidak yakin akhir tahun dapat menguat Rp12.000/USD," jelas HT.

Sekadar informasi, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD yang kini masih di level Rp13.300/USD masih dipengaruhi sentimen global. Namun, dirinya menilai, jika rupiah terus menguat juga tidak terlalu baik untuk perekonomian Indonesia.

"Kita enggak mau rupiah terlalu melemah, tapi enggak juga rupiah yang menguat itu enggak terlalu bagus bagi ekonomi kita. Oleh karena itu, harus mencari sebuah balance," tegas Sofyan di kantornya, kemarin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7454 seconds (0.1#10.140)