Menkeu Yunani Mundur dari Jabatan Pasca-Referendum

Senin, 06 Juli 2015 - 14:03 WIB
Menkeu Yunani Mundur dari Jabatan Pasca-Referendum
Menkeu Yunani Mundur dari Jabatan Pasca-Referendum
A A A
ATHENA - Menteri Keuangan (Menkeu) Yunani Yanis Varoufakis mundur dari jabatannya pasca-referendum pada akhir pekan lalu.

Dalam referendum yang digelar pada Minggu (5/7/2015) waktu setempat, pemerintah memenangkan referendum, dengan menolak paket penghematan lebih lanjut.

Dalam blog pribadinya, dia menjelasakan bahwa setelah pengumuman hasil referendum, dia sadar ada preferensi tertentu dari beberapa peserta Eurogroup, dan sejumlah mitra di tengah ketidakhadirannya dari pertemuan itu.

"Untuk alasan itu, saya meninggalkan Departemen Keuangan hari ini," katanya, seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (6/7/2015).

Menurut dia, kehadirannya di pemerintahan justru dapat menghambat perundingan bantuan. Pejabat Yunani mengatakan, mereka akan mencoba untuk kembali memulai pembicaraan dengan mitra Eropa.

Adapun, hasil referendum pada akhir pekan lalu, sekitar 61% rakyat Yunani menolak penghematan yang diusulkan kreditor Uni Eropa dan Dana Moneter Interenasional (IMF) mengenai dana talangan (bailout). Penolakan bailout dapat membuat Yunani keluar dari zona Eropa.

Sementara para pemimpin Eropa akan segera melakukan pertemuan untuk membahas langkah berikutnya setelah kemenangan mengejutkan. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande akan bertemu di Paris pada Senin sore waktu setempat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7860 seconds (0.1#10.140)