Pengusaha Optimistis Ekonom RI Tumbuh di Atas 5%

Kamis, 09 Juli 2015 - 14:56 WIB
Pengusaha Optimistis Ekonom RI Tumbuh di Atas 5%
Pengusaha Optimistis Ekonom RI Tumbuh di Atas 5%
A A A
JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester II/2015 di atas 5%, meski Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) dan Bank Dunia (World Bank/WB) memangkas proyeksinya di bawah 5%.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menuturkan, pertumbuhan ekonomi ‎di atas 5% bisa digenggam Indonesia jika peran dan upaya pemerintah mendukung serta meyakinkan sektor riil untuk tetap tumbuh.

"Kita harus berpikir optimis, peran pemerintah juga harus mendukung, paling penting adalah ciptakan keyakinan sektor rill untuk tetap meraih pertumbuhan ekonomi paling tidak di atas 5%. Kan target di atas 5,2%. Tapi kalau kami dapat bisa 5,2% cukup baik," katanya di sela acara Silaturahim dengan Dunia Usaha di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Dia pun meminta seluruh pihak untuk tidak pesimistis dengan kondisi perekonomian Indonesia. Pasalnya, sikap pesimistis masyarakat akan ‎membuat stigma di pasaran bahwa pertumbuhan ekonomi benar-benar melambat.

"Sebenarnya ada harapan ekonomi tumbuh di semester II/2015. Kan iklimnya sebenarnya positif. Tapi kalau dibikin pesimistis semua ya nanti itu akan repot," imbuh dia.

Keyakinan tersebut, diakui Hariyadi dapat dilihat dari kebijakan pemerintah di sektor pariwisata yang membebaskan visa kepada 30 negara. Hal tersebut tentu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan bertambahnya devisa negara dari kedatangan para turis tersebut.

"Contoh pariwisata dengan pembebasan visa 30 negara itu sudah mulai terlihat trennya. Kayak Emirates sudah bisa mendarat dari Dubai ke Bali. Menurut saya cukup positif," pungkasnya.

(Baca: Ekonomi Melemah, Pengusaha Akui Terjadi PHK Massal)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4801 seconds (0.1#10.140)