Ini Negara Pemberi Gaji Tertinggi di Dunia

Selasa, 28 Juli 2015 - 13:05 WIB
Ini Negara Pemberi Gaji Tertinggi di Dunia
Ini Negara Pemberi Gaji Tertinggi di Dunia
A A A
Apakah Anda pernah bertanya-tanya negara mana yang membayar pekerjanya dengan gaji tertinggi? Dan apakah Anda mencari sebuah negara yang benar-benar akan membayar dengan gaji besar?

Nah, berikut 10 negara yang membayar pekerjanya dengan gaji tertinggi di dunia, seperti dikutip dari Top Men's Magazines:

10. Prancis


Prancis menjadi negara dengan peringkat ekonomi terbesar ketujuh di dunia. Untuk menjelaskan mengapa produk domestik bruto (PDB) per kapita Prancis lebih rendah dari Amerika Serikat (AS), ekonom Paul Krugman menyatakan bahwa pekerja Prancis lebih produktif dibanding pekerja AS, tetapi tingkat partisipasi tenaga kerja Prancis lebih rendah dan bekerja lebih sedikit.

Itu mungkin karena waktu kerja sepekan di negara itu hanya 35 jam. Adapun gaji pekerja Prancis sebesar USD28.799 setahun setelah dikurangi pajak sekitar 49,4%. Ini merupakan porsi pajak terbesar kedua di negara-negara yang tergabung dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

9. Swedia

Berdasarkan data Bank Dunia, negara Skandinavia yang indah ini adalah negara terkaya keenam di dunia dalam hal PDB per kapita. ekonomi Swedia berorientasi ekspor, seperti kayu, tenaga air dan bijih besi, yang merupakan sumber daya ekonomi negara itu, dengan penekanan pada perdagangan luar negeri.

Sektor engineering Swedia menyumbang 50% dari produksi dan ekspor. Negara demokrasi sosialis ini mempertahankan sistem kesejahteraan sosial Nordic, yang menyediakan perawatan kesehatan dan pendidikan yang tinggi bagi warganya.

Sebagai imbalannya, rakyat di negara tersebut harus menyerahkan 42,4% dari pendapatan mereka sebagai pajak, tapi rata-rata mereka masih menerima USD29.185 setahun.

8. Kanada

Kanada adalah negara kaya, tetangga Amerika Serikat, dengan anggaran yang sehat. Negara ini memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia, setelah Venezuela dan Arab Saudi.
Negara ini juga kaya akan seng, uranium, emas, nikel, aluminium dan padang rumput. Kanada menajdi salah satu produsen global terpenting untuk gandum, kanola dan biji-bijian lainnya. Pendapatan rata-rata tahunan sekitar USD29.365, dengan pajak sekitar 31%.

Pajak tersebut untuk kesehatan dan pendidikan publik. Adapun rata-rata waktu kerja di Kanada rata tiap pekannya sekitar 36 jam.

7. Austria

Negara Eropa Tengah dengan pemandangan indah dan sejarah petualang ini memiliki PDB per kapita tertinggi ke-12 di dunia. Austria memiliki industri yang sangat maju.

Selain itu, bagian paling penting dari perekonomian nasional adalah pariwisata internasional, yang menyumbang hampir 9% dari PDB Austria. Pendapatan setelah pajak rata-rata USD31.173, dengan 49,4% diambil sebagai pajak penghasilan dan iuran jaminan sosial untuk perawatan kesehatan dan pendidikan.

6. Jerman

Jerman merupakan negara dengan ekonomi nasional terbesar dan paling kuat di Eropa. Namun, Jerman menjadi yang pertama dalam hal nilai pajak, yang dipotong dari penghasilan warganya hampir setengahnya atau mencapai 49,8%.

Kendati demikian, Jerman memiliki sistem perawatan kesehatan tertua di dunia, sehingga sebagai imbalannya, orang akan menerima pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis di semua jenjang. Sementara pendapatan tahunan pekerja Jerman sebesar USD31.252.

5. Australia

Australia menjadi salah satu negara dengan perekonomian paling kuat di dunia dan merupakan eksportir besar bahan makanan serta minyak dan mineral, dengan mengimpor barang sangat sedikit.

Dalam hal rata-rata pendapatan, Australia peringkat kedua di dunia setelah Swiss pada tahun 2013. Rata-rata pendapatan Australia adalah USD31.588/tahun dengan tarif pajak sekitar 27,7% untuk sektor kesehatan dan pendidikan. Pekerja Australia menikmati rata-rata waktu kerja dalam sepekan sebanyak 36 jam.

4. Swiss

Swiss menempati peringkat tertinggi dalam beberapa kinerja nasional, termasuk transparansi pemerintah, kebebasan sipil, kualitas hidup, daya saing ekonomi dan pembangunan manusia. Tidak heran negara ini berada pada urutan ketiga dalam studi kepuasan hidup OECD.

Sektor manufaktur Swiss adalah yang paling penting dan kuat di seluruh Eropa. Negara ini menghasilkan barang kesehatan dan farmasi, kimia, instrumen pengukuran dan alat musik. Pendapatan tahunan Swiss sekitar USD33.000/tahun dan waktu kerja sekitar 35 jam tiap pekan.

3. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara terkaya dalam sumber daya alam termasuk minyak, pembangkit listrik tenaga air, perikanan dan mineral.

Seperti Swedia, Norwegia memiliki kepedulian yang tinggi pada sektor kesehatan dan pendidikan, tapi tentu saja dengan alokasi anggaran yang besar untuk itu, hampir 37% dari pendapatan mereka dialokasikan untuk sektor tersebut. Namun, mereka masih menerima sebesar USD33.492/tahun. Norwegia memiliki rata-rata waktu kerja dalam sepekan sebanyak 33,4 jam.

2. Luksemburg

Jika Bank Of America, Citibank, dan JPMorgan Chase adalah sebuah negara maka akan menjadi Luksemburg. Luksemburg merupakan pusat keuangan Eropa.

Selain sebagai penyedia utama baja di Eropa, negara ini juga pengekspor bahan kimia, karet, mesin industri dan tentu saja layanan keuangan. Pendapatan rata-rata di Luksemburg setelah pajak sekitar USD38.951/tahun, dengan tingkat pajak 37,7% dari penghasilan.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) adalah negara paling kuat di dunia. AS memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun juga importir sekaligus eksportir terbesar kedua di dunia. Pendapatan kotor tahunan negara Paman Sam ini sekitar USD41.355/tahun setelah pajak sekitar 31,6%, kurang lebih sama dengan Kanada.

Namun di AS banyak orang tidak menikmati asuransi kesehatan. Bahkan, AS menempati urutan pertama untuk belanja perawatan kesehatan tapi paling buncit untuk cakupannya. Selain itu, tidak ada cuti nasional yang dibayar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)