Agus Marto Ingatkan Jokowi Jangan Cari Popularitas

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 15:37 WIB
Agus Marto Ingatkan Jokowi Jangan Cari Popularitas
Agus Marto Ingatkan Jokowi Jangan Cari Popularitas
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengingatkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) jangan hanya mencari popularitas atas keinginannya untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Saat ini Indonesia memiliki mekanisme penentuan dan evaluasi harga BBM yaitu‎ setiap tiga bulan. Dia mengatakan, yang paling utama harus diingat terkait permintaan Jokowi ini adalah transparansi perhitungan harga BBM. (Baca: Jokowi Minta Pertamina Turunkan Harga BBM Premium)

Pasalnya, jika memang saat ini sudah memungkinkan untuk diturunkan, maka Jokowi diminta membeberkan secara transparan mekanisme perhitungannya.

"Tetapi jangan diturunkan pada saat hitung-hitungannya masih belum menunjukkan waktu tepat untuk menurunkan. Nanti yang terjadi hanya sedikit penurunan tetapi kita kehilangan kepercayaan, kehilangan kredibilitas jadi itu yang saya titip," katanya di gedung BI, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurutnya, penurunan harga BBM ini sedianya jangan untuk popularitas. Namun juga harus memperhitungkan akuntabilitas dan melihat kondisi sebenarnya.

"Maksud saya jangan untuk popularitas tetapi harus betul-betul accountability dan juga mencerminkan kondisi sebenarnya," kata Agus. (Baca: Agus Marto Minta Jokowi Konsisten soal Harga BBM Premium).

Dia mengatakan, jika ingin melakukan review harga BBM harus konsisten sejak awal. "‎Jadi, kalau mau di-review setiap enam bulan kita harus lakukan dengan disiplin setiap enam bulan di-review dan kalau perlu turun, turun. Kalau perlu naik, ya naik. Tetapi yang penting konsistensi," tandas Agus.

Baca Juga:

Jokowi Umumkan Keputusan Harga BBM Premium Pekan Depan

Turunkan Harga BBM Premium, Pertamina Minta Ini

Pertamina Galau Jokowi Minta Harga BBM Premium Turun

Menko Darmin Segera Bahas Harga BBM
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)