Ini Kata Menko Darmin Rupiah Terus Menguat

Rabu, 07 Oktober 2015 - 15:12 WIB
Ini Kata Menko Darmin Rupiah Terus Menguat
Ini Kata Menko Darmin Rupiah Terus Menguat
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang menguat drastis hingga meninggalkan level Rp14.000/USD hari ini karena faktor psikologis.

Menurutnya, sejak rupiah mengalami pelemahan sejak satu bulan lalu sejatinya karena faktor psikologis yang membuat pasar benar-benar berspekulasi. Terlebih, setelah ada kepastian kenaikan tingkat suku bunga Amerika Serikat (The Fed).

"‎Jadi benar-benar psikologis saja. Begitu tembus Rp14.000 per USD orang ramai-ramai membeli dolar. Nah, kira-kira karena itu spekulasi, ya sekarang ya juga begitu psikologis lihat menguat, dia bergerak cepat," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Selain itu, sambung mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, merekahnya nilai tukar mata uang Garuda hari ini juga karena pasar melihat keseriusan pemerintah menata perekonomian di Indonesia. Ini terlihat dari upaya pemerintah mengeluarkan paket kebijakan yang menjadi stimulus perekonomian.

"‎Ya psikologis, orang melihat kebijakan-kebijakan yang diambil. Orang melihat macam-macam bahwa ini pemerintah serius ini, baik. Itu membuat oarang lebih optimis. Ada juga, faktor data Amerika itu memicu di awalnya‎," tandas dia.

Baca Juga:

Rupiah Menguat, Rilis Paket Kebijakan III Dipercepat

Rupiah Siang Ini Merekah di Bawah Rp14.000, IHSG Memerah

Rupiah Menguat Tertajam dalam Enam Tahun
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4305 seconds (0.1#10.140)