Rilis Paket Kebijakan, Ini Arahan Jokowi di Sektor Energi

Rabu, 07 Oktober 2015 - 15:26 WIB
Rilis Paket Kebijakan, Ini Arahan Jokowi di Sektor Energi
Rilis Paket Kebijakan, Ini Arahan Jokowi di Sektor Energi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini rencananya akan kembali merilis paket kebijakan ekonomi jilid III. Salah satu yang menjadi fokus Jokowi dalam paketnya kali ini terkait kebijakan sektor energi.

‎Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyebutkan, setidaknya terdapat tiga arahan Jokowi dalam paket kebijakan ekonomi jilid III di sektor energi

"Satu, kita masih mencari cara untuk memberi stimulus pada industri karena menggerakkan ekonomi. Jadi, orientasi kita kepada bagaimana mendorong energi untuk industri supaya mendapat tarif yang lebih kompetitif," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan bahwa Kementerian ESDM harus konsisten dalam upaya mengalihkan subsidi energi ke sektor produktif. Seperti diketahui, sejak November 2014 lalu, pemerintahan Jokowi berkomitmen mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor yang lebih produktif.

"Pesannya harus konsisten bahwa kita sudah mengalihkan subsidi kepada sektor yang lebih produktif karena itu mesti dijaga konsistensinya," imbuh dia.

Ketiga, pemerintah dilarang mengintervensi badan usaha penyalur energi, dalam hal ini PT Pertamina (Persero) terkait harga BBM yang dijualnya. (Baca: Pramono: Paket Kebijakan III Ibarat Barca vs Madrid)

"Yang ketiga, tidak boleh mengintervensi badan usaha. Jadi, kebijakan apapun disebabkan efisiensi, bukan karena dipaksa oleh pemerintah karena kita ingin melihat badan usaha kita kompetitif dan makin efisien," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8240 seconds (0.1#10.140)