Paket Kebijakan Dorong Pertumbuhan Kredit Kuartal IV

Selasa, 13 Oktober 2015 - 15:40 WIB
Paket Kebijakan Dorong Pertumbuhan Kredit Kuartal IV
Paket Kebijakan Dorong Pertumbuhan Kredit Kuartal IV
A A A
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Erwin Rijanto mengatakan, kredit perbankan pada kuartal IV akan berada di atas 11% atau11,3% didorong paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan BI.

"Saya perkirakan pertumbuhannya akan di 11,3%, kita mengharapkan dengan adanya paket kebijakan, kita coba untuk dorong ke batas atas, kalau bisa 12% cukup bagus, kalau bisa 13%," ujar dia di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Dia melanjutkan, perbankan juga tetap mewaspadai terjadinya kenaikan riisko kredit bermasalah atau nonperforming loans (NPL), terutama kredit kepada korporasi, meskipun masih dalam batas normal di bawah 5%.

Pada Agustus 2015, NPL kredit modal kerja dan kredit investasi masing-masing tercatat sebesar 3,2% dan 2,91% atau mengalami kenaikan.

Berdasarkan sektor ekonomi, NPL tertinggi terjadi pada sektor konstruksi sebesar 5,46%, diikuti oleh sektor jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan dan lainnya, kemudian sektor perdagangan besar dan eceran, sektor transportasi, pergudagangan dan komunikasi serta sektor pertambangan dan penggalian.

Dia menuturkan, berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru didorong oleh tingginya permintaan kredit modal kerja dan kredit investasi.

"Sementara itu, permintaan kredit konsumsi yang melambat disebabkan melambatnya pertumbuhan permintaan kredit kepemilikan rumah/apartemen, penurunan permintaan kredit kendaraan bermotor dan kredit tanpa agunan," jelas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5809 seconds (0.1#10.140)