Demi Kelancaran Mudik, Kemenhub Imbau Masyarakat Pakai Aplikasi Mitra Darat dan Ferizy

Rabu, 05 April 2023 - 09:56 WIB
loading...
Demi Kelancaran Mudik, Kemenhub Imbau Masyarakat Pakai Aplikasi Mitra Darat dan Ferizy
Kemenhub mendorong para pemudik menggunakan aplikasi MitraDarat dan Ferizy yang berguna untuk kelancaran mudik Lebaran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Musim mudik Lebaran kian dekat. Bagi masyarakat yang hendak pulang kampung, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pemudik menggunakan aplikasi MitraDarat dan Ferizy yang berguna untuk kelancaran mudik Lebaran.

Direktur Angkutan Jalan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub, Suharto menjelaskan, MitraDarat merupakan aplikasi multi layanan yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu terkait pengawasan, perizinan dan operasional bidang transportasi darat.

Dengan kata lain, Mitra Darat merupakan sebuah layanan berupa aplikasi smartphone, yang dirilis secara resmi oleh Kemenhub. “Melalui aplikasi ini kita dapat melakukan pengecekan informasi laik jalan kendaraan, tracking bus yang terintegrasi dan informasi mengenai peta mudik,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (5/4/2023).

Tak kalah penting, kata dia, dengan aplikasi ini masyarakat juga melakukan pendaftaran program Mudik Gratis yang diselenggarakan Ditjen Hubdat Kemenhub.

Sebagai informasi, guna menekan angka penggunaan sepeda motor oleh para pemudik, Ditjen Hubdat menyediakan 24.072 kuota mudik gratis yang terdiri dari 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga menyediakan kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis yang total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit.

Rinciannya, 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk (15 unit truk mudik dan 15 unit truk balik).

Suharto menambahkan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan, para pengguna bus dapat mengecek apakah bus yang akan dinaikinya sudah laik untuk beroperasi atau belum.

“Jika belum laik jangan digunakan dan bisa juga dilaporkan kepada kami. Saat ini, aplikasi Mitra Darat telah tersedia di Play Store (Android) dan iOS (Apple),” ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)