Perbandingan Gaji Lulusan Luar dan Dalam Negeri

Minggu, 31 Januari 2016 - 15:35 WIB
Perbandingan Gaji Lulusan Luar dan Dalam Negeri
Perbandingan Gaji Lulusan Luar dan Dalam Negeri
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memberikan beasiswa pendidikan ke luar negeri lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ketika nantinya para pelajar kembali ke Tanah Air, jumlah gaji yang diperoleh belum tentu lebih besar dari lulusan perguruan tinggi dalam negeri.

Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo mengatakan, perbandingan besaran penghasilan lulusan luar negeri dan dalam negeri ditentukan oleh pengalaman dan tempat bekerja. Namun, para lulusan universitas dari luar negeri tersebut diyakininya tetap memiliki nilai tambah.

"Biasanya punya nilai tambahnya, ya itu dia lulusan luar negeri, itu saja. Penghasilan dia tergantung kerja di mana," ujarnya di Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Dia menjelaskan, ada program magang dalam beasiswa yang diberikan LPDP untuk memberikan pengalaman kepada para pelajar. Waktunya berlangsung selama satu tahun. "Di program LPDP ada, biar komplit, satu tahun di sana," katanya.

Namun, Eko seakan tidak setuju jika gaji yang didapatkan lulusan luar dan dalam negeri sama ketika pertama mulai bekerja. Sebab, meski sama-sama memiliki program magang, cakupannya berbeda jika berasal dari perusahaan luar negeri.

"Kalau untuk sama-sama ketemu fresh graduated, saya tidak tahu gajinya sama atau tidak karena memang berdasarkan pengalaman. Kalau lulusan luar kan dia misalnya pernah magang di Shell, beda," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4657 seconds (0.1#10.140)