Jokowi Akhirnya Putuskan Kilang Blok Masela Dibangun di Darat

Rabu, 23 Maret 2016 - 13:06 WIB
Jokowi Akhirnya Putuskan Kilang Blok Masela Dibangun di Darat
Jokowi Akhirnya Putuskan Kilang Blok Masela Dibangun di Darat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengambil keputusan untuk membangun kilang ‎di Blok Masela, Maluku dengan skema pipanisasi di darat (onshore) seperti yang direkomendasikan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Hal tersebut diputuskannya setelah melalui banyak pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak.

Dia mengatakan, proyek Blok Masela merupakan proyek jangka panjang dan menyangkut anggaran ratusan triliun rupiah. Karena itu, setelah menerima banyak masukan dari berbagai pihak akhirnya diputuskan kilang blok abadi tersebut akan dibangun di darat.

"‎Ini adalah sebuah proyek jangka panjang, tidak hanya setahun, dua tahun, tidak hanya 10 tahun 15 tahun tetapi proyek yang sangat panjang, yang menyangkut ratusan triliun rupiah. Oleh sebab itu, dari kalkulasi, dari perhitungan, dari pertimbangan yang sudah saya hitung, kita putuskan dibangun di darat," katanya di Ruang Tunggu Keberangkatan Bandar Udara Supadio, Pontianak, Rabu (23/3/2016).

(Baca Juga: Penyebab Kisruh Rizal Ramli-Sudirman Said Soal Blok Masela)

Mantan orang nomor satu di DKI Jakarta ini menjelaskan, pertimbangan awal yang menyebabkan dirinya memilih membangun kilang di darat adalah pertumbuhan perekonomian di daerah setempat yang terimbas dari adanya pembangunan kilang di Blok Masela.

"Kedua, juga pembangunan wilayah regional development juga kita ingin agar juga terkena dampak dari pembangunan besar, Proyek Masela ini," imbuh dia.

Jokowi meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk menindaklanjuti keputusan tersebut.

"‎Setelah keputusan ini, nanti akan ditindaklanjuti oleh menteri ESDM dan SKK migas. Itu yang bisa saya sampaikan siang ini. Silakan anti, selanjutnya Menteri ESDM dan SKK Migas yang menyampaikan," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4894 seconds (0.1#10.140)