Harga BBM Turun Positif bagi Pasar Modal

Jum'at, 01 April 2016 - 11:54 WIB
Harga BBM Turun Positif...
Harga BBM Turun Positif bagi Pasar Modal
A A A
JAKARTA - Analis PT Infovesta Utama Praska Putrantyo menilai, turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium mulai hari ini dinilai akan berdampak positif terhadap pasar modal dan ekonomi Tanah Air secara keseluruhan.

Menurutnya, dampak positif tersebut dirasakan oleh perusahaan terbuka atau emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu turunnya biaya operasional. (Baca: Harga BBM Premium Turun Jadi Rp6.450/Liter, Solar Rp5.150/Liter)

"Terkait dengan keputusan pemerintah turunkan BBM pada 1 April tentu berdampak positif bagi pasar modal dan ekonomi. Untuk pasar modal positif dirasakan emiten penurunan biaya operasional dan menunjang peningkatan profit kuartal berikutnya," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Sementara, kata dia, dampaknya terhadap ekonomi negara yaitu bisa adanya perbaikan daya beli masyarakat karena biaya transportasi yang akan turun.

"Untuk ekonomi bisa perbaikan daya beli masyarakat. Biaya transportasi turun, harapannya biaya bahan baku bisa terkendali," kata Praska.

Di sisi lain, turunnya harga premium tidak otomatis akan menurunkan angka inflasi, pasalnya masih ada momentum Hari Raya Idul Fitri yang berpotensi mengerek harga. "Untuk inflasi sendiri dengan penurunan harga BBM masih bisa akan naik. Momentum hari raya akhir kuartal II/2016 nanti," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6406 seconds (0.1#10.140)