BI: Tax Amnesty Bakal Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi RI

Kamis, 19 Mei 2016 - 23:11 WIB
BI: Tax Amnesty Bakal Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi RI
BI: Tax Amnesty Bakal Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menerangkan masih menunggu realisasi kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 untuk bisa mengetahui target pertumbuhan ekonomi RI selanjutnya. Dengan mengikuti pembahasan kedua hal itu, BI diyakini akan memiliki gambaran lebih tajam soal bagaimana pertumbuhan ekonomi RI 2016 ataupun dalam jangka menengah.

‎"Secara umum, kami masih akan mengikuti proses yang akan dilalui pemerintah khususnya dua hal yakni rencana pembahasan dengan DPR terkait tax amnesty serta realisasinya dan rencana pemerintah membahas revisi APBN 2016.‎ Karena dua hal itu yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kita," ucap Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

(Baca Juga: BI Revisi Pertumbuhan Ekonomi RI Lebih Rendah)

Lanjut dia BI juga mengamati kondisi eksternal global yakni dimana pertumbuhan ekonomi dunia yang kembali lebih lemah dibanding sebelumnya. Hal ini menjadi perhatian, lantaran pertumbuhan ekonomi dunia yang melemah ini tidak hanya bersumber dari negara maju, tapi juga negara berkembang.

"Kami simak, kajian negara berkembang di dunia terjadi koreksi tajam dan tentu hal ini berdampak pada negara berkembang seperti Indonesia," sambung dia.

Dia menambahkan bahwa harga komoditas yang menjadi andalan Indonesia terlihat sudah mulai membaik, walaupun harga minyak diperkirakan masih akan rendah. BI juga akan mengkaji lebih mendalam pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di kuartal I 2016 dibandingkan dengan kuartal I 2015.

Pasalnya, BI menyadari ‎meski ekonomi Indonesia terlihat masih cukup kuat, namun pertumbuhan konsumsi domestik masih belum terjadi peningkatan yang baik, dan kondisi investasi masih menunjukan kondisi belum terlalu kuat.

"Maka itu, kami perlu lakukan penyesuaian, karena ekonomi dunia melemah dan berdampak pasar ekspor impor Indonesia," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4014 seconds (0.1#10.140)