Menhub Jonan Ngaku Tak Pernah Anti Transportasi Online

Jum'at, 20 Mei 2016 - 21:09 WIB
Menhub Jonan Ngaku Tak Pernah Anti Transportasi Online
Menhub Jonan Ngaku Tak Pernah Anti Transportasi Online
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan tidak pernah menantang keberadaan transportasi umum berbasis aplikasi online, lantaran menurutnya bisa memudahkan akses masyarakat. Dia menambahkan keberadaan transportasi online cukup penting, ketika belum ada alat apapun yang bisa memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain kecuali dengan kendaraan.

"Jadi saya tidak pernah menentang berbasis aplikasi seperti Grab Taxi, Grab Car dan lain-lain. Jadi begini, tidak ada sistem atau ilmu sampai hari ini yang bisa pindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain kecuali transportasi apapun bentuknya," ujarnya usai menjadi keynote speach dalam acara diskusi iCIO Community di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

(Baca Juga: Tak Ikut Aturan, Menhub Jonan Sebut Grabcar-Uber Ilegal)

Sedikit bergurau, dia menerangkan iCIO sebagai komunitas teknologi salah mengundangnya sebagai pembuka acara. Pasalnya banyak yang berpikir mantan direktur utama PT Kereta Api Indonesia tersebut anti digitalisasi.

"Sebenarnya iCIO undang saya salah karena persepsi yang setengah mengerti setengah tidak, saya dianggap menentang sistem aplikasi. Kalau yang bilang itu betul berarti setengah ngerti setengah enggak," kata dia.

Menurutnya, sistem aplikasi transportasi umum hanya menjadi alat dalam berbisnis seperti memudahkan pemesanan, pembayaran dan sebagainya. "Sistem aplikasi itu menurut saya hanya berfungsi minim di dalam proses kegiatan atau bisnis. Kenapa? Misalnya begini, kalau mau pakai aplikasi untuk pesan taksi, bayar dan lain-lain," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7903 seconds (0.1#10.140)