SKK Migas Ramal Harga Minyak Dunia Bakal Merangkak Naik

Kamis, 26 Mei 2016 - 12:57 WIB
SKK Migas Ramal Harga Minyak Dunia Bakal Merangkak Naik
SKK Migas Ramal Harga Minyak Dunia Bakal Merangkak Naik
A A A
JAKARTA - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi memprediksi harga minyak dunia akan merangkak naik setelah sebelumnya sempat terjun bebas.

Menurutnya, perbaikan ini dilihat dari indikasi membaiknya harga minyak dunia jika melihat tren harga minyak dunia selama 30 tahun. (Baca: Stok AS Merosot, Harga Minyak Dunia Dekati Level USD50/Barel)

"30 tahun terakhir ini, minyak dunia pernah turun dan pernah naik, turunnya terjun bebas, tapi naiknya merangkak. Dari diagram bisa dilihat minyak dunia ini akan naik tapi perlahan," katanya di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (26/5/2016).

Amien mengatakan, hari ini harga minyak dunia tercatat membaik. Berdasarkan data yang dia peroleh,
kontrak berjangka minyak utama naik menuju USD50 per barel. Patokan minyak Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli naik 94 sen menjadi USD49,56 per barel di New York Mercantile Exchange.

Di Eropa, khususnya di London, minyak mentah brent North Sea yang menjadi patokan Eropa, untuk pengiriman Juli naik pada USD49,74 per barel, naik USD1,13 dari penutupan Selasa. Ini menunjukkan bahwa harga minyak pelan-pelan akan naik.

Selain itu, Amien menilai kebutuhan energi Indonesia hingga 20 tahun ke depan masih ditopang energi fosil seperti bensin dan lainnya. Namun, diversifikasi tetap diperlukan demi terwujudnya ketahanan energi.

"Dilihat dari kebutuhan Indonesia akan energi saya yakin dalam 10-20 tahun ke depan energi fosil. Kita masih butuh minyak dan kita masih diperlukan, maka ketahanan energi masih harus dicari cadangannya dan diproduksikan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4473 seconds (0.1#10.140)