Deretan BUMN yang Ikut Garap Proyek Vital di IKN Nusantara, Apa Saja?

Senin, 29 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
Deretan BUMN yang Ikut Garap Proyek Vital di IKN Nusantara, Apa Saja?
Suasana proyek pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam proses pembangunannya, sejumlah BUMN ikut andil menanamkan modal alias berinvestasi di sejumlah sektor.

Perusahaan pelat merah tersebut di antaranya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), hingga beberapa BUMN Karya.

Adapun proyek-proyek yang digarap terbilang vital alias penting, mulai dari infrastruktur jalan, listrik, telekomunikasi hingga pengolahan limbah.

Di bidang infrastruktur fisik misalnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pembangunan beberapa ruas tol di IKN akan rampung pada tahun depan.

"Dari rencana pembangunan Ibu Kota Negara, ini kita sedang coba tembuskan jalan tol, kerja sama HK (Hutama Karya), Adhi Karya, Brantas," paparnya melalui akun Instagram, dikutip Senin (29/5/2023). Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar BUMN yang berinvestasi di IKN Nusantara:

1. Telkom Indonesia

Persiapan Telkom dalam mendukung IKN menyangkut beberapa hal. Rencana pembangunan tersebut mencakup tiga domain bisnis digital di antaranya connectivity, platform dan services yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di kecamatan Sepaku tercatat telah memiliki 173 Optical Distribution Point (ODP) dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Saat ini di IKN sendiri juga sudah dilayani dengan kabel backbone utama guna memastikan supaya jaringan di kawasan tersebut aman.

Sementara itu, pada layanan mobile Telkomsel, untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN Nusantara akan terus dimaksimalkan.


2. PLN

Pada tahap pra konstruksi IKN, PLN bakal membangun dua gardu induk (GI) mobile yang terletak di sekitar Titik Nol dengan kapasitas masing-masing 30 Mega Volt Ampere (MVA).

Skenario PLN dalam melistriki IKN akan mengusung konsep green, smart and beautiful. Nantinya, listrik IKN akan diwujudkan melalui sumber pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) yang tanpa emisi dan dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)