Deretan BUMN yang Ikut Garap Proyek Vital di IKN Nusantara, Apa Saja?

Senin, 29 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
A A A
Untuk konsep smart meliputi zero down time (ZDT), distribution automation system (DAS), smart grid dan smart meter. Sedangkan konsep beautiful, meliputi distribusi dengan kabel bawah tanah dan desain yang futuristik.

Sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) untuk pasokan listrik EBT di IKN, PLN akan menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tersebar sebesar 50 megawatt (MW) dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) 70 MW di tanah laut pada tahap awal.

Selain itu, dalam jangka panjang, akan ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sekitar 1.000 MW yang juga nantinya siap mendukung kawasan IKN.


3. BUMN Karya

Kementerian BUMN resmi membentuk perusahaan patungan yang dinamai PT Karya Logistik Nusantara (KLN). Perusahaan itu mencakup enam BUMN Karya.

Keenam perseroan tersebut adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero).

KLN diresmikan pada 10 Februari 2023 lalu dan bertujuan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Khususnya, menyediakan bahan dasar konstruksi hingga fokus pada bidang bisnis beton pracetak dan perdagangan material konstruksi.

Di luar KLN, BUMN Karya lain yang ikut berkontribusi membangun IKN adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Emiten bersandi saham WSKT itu menggarap enam proyek di IKN Nusantara.

Enam proyek IKN yang dikerjakan Waskita Karya terdiri dari Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4, Tol IKN Segmen 5A, Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung, Kementerian Koordinator 3, Kementerian Koordinator 4, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 123.

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)