Brexit, Bos MNC Bank Yakin Banyak Dana Asing Lari ke RI

Jum'at, 24 Juni 2016 - 15:55 WIB
Brexit, Bos MNC Bank Yakin Banyak Dana Asing Lari ke RI
Brexit, Bos MNC Bank Yakin Banyak Dana Asing Lari ke RI
A A A
JAKARTA - Inggris pada hari ini secara resmi keluar dari Uni Eropa (Brexit) berdasarkan hasil keputusan referendum di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Menanggapi kejadian itu, Direktur Utama PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, Benny Purnomo yakin kejadian tersebut akan membuat banyak dana asing akan masuk ke Indonesia.

Benny menjelaskan, ada berkah bagi Indonesia di balik keluarnya Inggris. Dana yang sebelumnya masuk ke Uni Eropa dinilai akan beralih ke negara berkembang seperti Indonesia.

"Brexit sebenernya untuk Indonesia jadi berkah dalam tanda kutip. Menurut saya pribadi dengan keluarnya Inggris, dana yang tadinya masuk ke Uni Eropa akan ke emerging market, salah satunya adalah Indonesia," ujarnya di Gedung MNC Tower, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Secara teori, kata dia, dana asing yang masuk ke Tanah Air akan ditempatkan di berbagai instrumen keuangan. Terutama ke pasar modal serta melalui obligasi.

"Secara teori akan banyak dana asing yang akan investasi ke Indonesia, bisa bonds, bisa saham. Masuk pasar modal, sehingga harga saham naik, indeks naik segala macam," tutur Benny.

Selain itu, suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate yang berada dalam tren penurunan semakin menegaskan penempatan dana akan masuk ke dua instrumen tersebut. Investor juga cenderung mengalihkan investasinya.

"Sekarang bisa macam-macam. Jadi, sekarang begini, kan bunga makin turun terus yang dapat angin bonds sama saham. Jadi, ini bunga makin turun orang cenderung cari alternatif investasi, biasanya bonds kalau enggak saham," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4255 seconds (0.1#10.140)