Ini Tips Mudik Aman dari Bos KAI

Selasa, 05 Juli 2016 - 08:14 WIB
Ini Tips Mudik Aman dari Bos KAI
Ini Tips Mudik Aman dari Bos KAI
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro meyakini bahwa setiap orang yang melakukan mudik Idul Fitri terkadang mengalami hambatan di sela-sela kegiatan mudiknya. Sebab itu, Edi memiliki tips untuk para pemudik agar aman sampai pemudik tersebut kembali ke Jakarta.

Edi mengatakan, salah satu hal terpenting ketika orang melakukan mudik adalah memperhatikan alat transportasi yang ia gunakan. Misalnya dengan menggunakan bus atau kereta api.

"Kalau untuk yang menggunakan kereta api atau bus yang sebelumnya sudah print tiket, saya sudah imbau berkali-kali kalau sudah dapatkan bookingan, nomor, segera di print tiketnya. Jangan berjejal ketika mendekati Idul Fitri atau hari H.

Kedua, Edi menyarankan jika pulang kampung hendaknya membawa barang secukupnya saja. Agar nanti ketika kembali ke kota, bawaan tidak dua kali lipat banyaknya. Karena biasanya para pemudik membeli oleh-oleh.

"Biasanya kan mereka bawa barang banyak dari Jakarta. Itu sebaiknya dihindari. Bawa barang secukupnya, belum lagi nanti kalau mereka beli oleh-oleh. Kalau naik kereta, kan sekarang ada pembatasan bagasi yakni 20 kg," kata Edi, Selasa (5/6/2016)

Dari sisi personal penumpang, Edi menyarankan untuk tidak berdandan atau berhias diri secara berlebihan. Hal ini ditujukan untuk pemudik yang menggunakan semua jenis transportasi dan kendaraan pribadi.

"Artinya jangan menggunakan perhiasan berlebihan. Ini untuk semuanya terutama untuk yang wanita. Kan kalau ke kampung halaman inginnya pakai ini itu, bawa ini itu, nanti malah mengundang kejahatan. Kita semua ingin para pemudik kembali ke Jakarta dengan keadaan sehat walafiat," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5015 seconds (0.1#10.140)