Mentan Pastikan Pasokan Beras Dalam Negeri Aman hingga 2017

Selasa, 12 Juli 2016 - 15:21 WIB
Mentan Pastikan Pasokan Beras Dalam Negeri Aman hingga 2017
Mentan Pastikan Pasokan Beras Dalam Negeri Aman hingga 2017
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan untuk tujuh sampai delapan bulan ke depan, pihaknya memastikan pasokan beras untuk kebutuhan domestik akan cukup. Jika dihitung hingga delapan bulan maka hingga Maret 2017, pasokan beras akan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Amran optimistis Indonesia akan berkecukupan dari segi pangan beras lantaran di bulan tersebut juga merupakan bulan puncak panen padi di petani.

"Untuk hitung-hitungan beras, ini cukup untuk 7-8 bulan ke depan. Ini sudah tembus sampai Maret 2017, Maret itu panen puncak. Sekitar 2,2 juta ton lebih. Jadi kami optimis masyarakat kita enggak akan kekurangan beras," kata dia usai rapat koordinasi dengan asosiasi daging, di kantornya, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Tak hanya menjaga pasokan beras untuk domestik, pihaknya juga akan bekerja sama dengan swasta dan BUMN untuk menekan harga beras khususnya di Jabodetabek agar tidak melambung tinggi.

"Swasta dan BUMN itu ada tim khusus khusus untuk menekan harga di Jabodetabek supaya tidak terlalu tinggi," kata dia. (Baca: Amran Beri Sinyal, Operasi Pasar Akan Menjadi Solusi Jangka Panjang)

Amran juga akan menindak tegas untuk oknum di lapangan yang memainkan harga beras sehingga harga di pasaran melonjak dari harga yang telah ditetapkan pemerintah.

"'Memang, sampai sekarang belum ada laporan yang suka main-main sama harga itu, tapi kalau ada ketahuan yang begitu di lapangan, langsung izinnya saya cabut hari itu juga," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4032 seconds (0.1#10.140)