71 Kapal Pencuri Ikan Siap Ditenggelamkan saat HUT RI ke-71

Rabu, 20 Juli 2016 - 16:15 WIB
71 Kapal Pencuri Ikan Siap Ditenggelamkan saat HUT RI ke-71
71 Kapal Pencuri Ikan Siap Ditenggelamkan saat HUT RI ke-71
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana menenggelamkan 71 kapal secara serentak di delapan lokasi di Indonesia saat peringatan HUT RI ke-71 pada 17 Agustus 2016.‎ Nantinya, bangkai kapal yang ditenggelamkan tersebut bakal disulap menjadi alat bantu penangkapan ikan yang di pasang di laut (rumpon).

(Baca: Menteri Susi Akan Tenggelamkan Kapal Saat HUT RI ke-71)

‎Dia mengatakan, proses penenggelaman kapal juga tidak akan diliput media seperti proses penenggelaman sebelumnya. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hanya akan mengumumkan jika kapal tersebut telah karam.

"‎Selama ini kita blow up, kita liput media. Ke depan akan kita jadikan rumpon saja secara normal prosedur dan kita tidak lagi memakai media. Ini sudah dalam rangka pengemasan. Kita hanya melakukan press conference setelah dijadikan rumpon dan kita targetnya 71 kapal untuk memperingati 71 tahun kemerdekaan," katanya di Gedung KKP, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Selain itu, pengumuman penenggelaman kapal tidak akan mencantumkan nama negara. KKP hanya akan merilis jumlah kapal yang telah karam dan dijadikan rumpon di beberapa wilayah tertentu.

"Yang sudah inkrah 30 lebih, dalam on going ada 30-an. Mudah-mudahan dapat lagi sisanya sampai 17 Agustus. Target kita 71. Jadi sekarang kapal-kapal patroli kita sedang hunting kapal illegal," imbuh dia.

Mantan Bos Susi Air ini menambahkan, karena akan dijadikan rumpon maka penenggelaman dilakukan di wilayah penangkapan ikan.‎ Setidaknya delapan lokasi penangkapan ikan di Indonesia sudah dibidik untuk ditempatkan rumpon ikan.

"Sedang kita persiapkan. Jadi 71 kapal di delapan lokasi seluruh Indonesia. Mungkin di Natuna ada 23," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5590 seconds (0.1#10.140)