Sri Mulyani Dikabarkan Bakal Gantikan Menkeu Bambang

Rabu, 27 Juli 2016 - 10:28 WIB
Sri Mulyani Dikabarkan Bakal Gantikan Menkeu Bambang
Sri Mulyani Dikabarkan Bakal Gantikan Menkeu Bambang
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan hari ini akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle). Isu perombakan kabinet ini kembali mencuat pasca instruksi Presiden Jokowi yang melarang para menteri Kabinet Kerja untuk melakukan kunjungan kerja ke luar kota pada pekan ini.

Di tengah menghangatnya isu perombakan kabinet, nama Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani tiba-tiba masuk dalam daftar nama Kabinet Kerja yang baru. Dari informasi yang diterima Sindonews, Rabu (27/7/2016) mantan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) ini akan menggantikan posisi Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan.

(Baca Juga: Jelang Reshuffle, Rizal Ramli dan Sudirman Said Berkicau di Twitter)

Dalam perombakan kabinet jilid I beberapa waktu lalu, nama Sri Mulyani juga sempat masuk dalam daftar nama pengganti Menteri Keuangan. Namun, ternyata kabar tersebut kala itu meleset karena ternyata Presiden Jokowi masih mempercayakan posisi Menkeu kepada Bambang Brodjonegoro.

Nama Sri Mulyani sendiri sudah malang melintang di pemerintahan Indonesia. Sebelum mengambil posisi di Bank Dunia, Sri Mulyani sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Dia yang sebelumnya dikenal sebagai pengamat ekonomi juga pernah menjabat sebagai Menteri PPN dan Pelaksana Tugas Menteri Koordinator bidang Perekonomian, setelah Menko bidang Perekonomian Boediono kala itu bergeser posisi menjadi Gubernur Bank Indonesia.

Selain nama Sri Mulyani, beberapa nama baru yang dikabarkan akan masuk dalam Kabinet Kerja adalah Enggartiasto Lukito sebagai Menteri Perdagangan, Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian, Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan, Candra Tahar sebagai Menteri ESDM, Asman Abnur sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Putro Sanjoyo sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi, serta Muhajir sebagai Menteri Pendidikan Nasional.

Sementara menteri yang bertukar posisi dikabarkan adalah Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri PPN, Menteri PPN Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko bidang Kemaritiman, dan Kepala BKPM Franky Sibarani sebagai Wakil Menteri Perindustrian.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2808 seconds (0.1#10.140)