Jokowi Ganti Lima Menteri Bidang Ekonomi

Rabu, 27 Juli 2016 - 12:30 WIB
Jokowi Ganti Lima Menteri Bidang Ekonomi
Jokowi Ganti Lima Menteri Bidang Ekonomi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan susunan Kabinet Kerja baru. Dalam perombakan (reshuffle) ini, terdapat lima menteri bidang ekonomi yang ‎dicopot dari jabatannya.

Mereka adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, serta Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani.

Jokowi juga menggeser beberapa pos menteri, yaitu Menteri Keuangan yang sebelumnya ditempati oleh Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional yang sebelumnya ditempati oleh Sofyan Djalil, dan Menteri Perdagangan yang sebelumnya ditempati oleh Thomas Trikasih Lembong.

Jokowi mengatakan, perombakan kabinet untuk kali kedua ini dilakukan mengingat posisi Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan. Pemerintah harus menyelesaikan masalah kemiskinan, mengurangi kesenjangan ekonomi antara kaya dan miskin, serta mengurangi kesenjangan wilayah.

"Inilah masalah yang harus kita percepat penyelesaiannya. Kita harus memperkuat ekonomi nasional untuk menghadapi tantangan ekonomi global, ekonomi dunia yang sedang melambat dan sekaligus penuh persaingan penuh kompetisi," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

‎Menurutnya, pemerintah harus bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk rakyat, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tantangan tersebut, diakui mantan Gubernur DKI Jakarta ini membutuhkan kecepatan dalam bertindak dan memutuskan.

"Oleh karena itu, saya selalu ingin berusaha maksimal agar kabinet kerja bisa bekerja lebih cepat, lebih efektif, bekerja dalam tim solid dan saling mendukung. Sehingga hasilnya nyata dalam waktu secepatnya. Berdasarkan pertimbangan tersebut, hari ini saya dan wapres memutuskan melakukan perombakan kabinet kerja yang kedua," tandasnya.

Adapun susunan menteri bidang ekonomi yang baru, adalah:

- Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
- Menteri Agraria dan Tata Ruang ‎Sofyan Djalil
- Menteri Keuangan Sri Mulyani
- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito
- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
- Menteri ESDM Candra Tahar
- Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0410 seconds (0.1#10.140)