Akankah Sri Mulyani Bertahan Lama Jadi Menkeu?

Minggu, 31 Juli 2016 - 07:02 WIB
Akankah Sri Mulyani Bertahan Lama Jadi Menkeu?
Akankah Sri Mulyani Bertahan Lama Jadi Menkeu?
A A A
JAKARTA - Mandiri Sekuritas mencoba membuat tebak-tebakan, seberapa lama Menteri Keuangan Sri Mulyani mengemban jabatan barunya? Alasannya, tak lain karena dia pernah tersangkut di dalam pusaran kasus Bank Century.

"Bahkan ada yang sedang berlangsung penyelidikan polisi kepada dirinya sebagai akibat dari penyelamatan Bank Century. Apakah dia bertahan lama?" ujar Analis Mandiri Sekuritas John Rachmat melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/7/2016).

Menurutnya, Sri Mulyani memiliki karakter yang ramah pasar. Namun, justru ada halangan dari dalam negeri yakni musuh politik yang cukup banyak.

"Sri Mulyani memegang sikap ramah pasar. Apa yang akan terjadi jika dia bentrokan berulang kali dengan anggota senior lainnya dari Pemerintah? Terakhir musuh politiknya sangat banyak, siap menerkam setiap sedikit salah langkah," katanya.

John menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu tidak ingin hal itu kembali terulang. Sehingga, akan memberikan keleluasaan peran kepada Sri Mulyani dalam menentukan arah kebijakan ekonomi.

"Kami mengasumsikan bahwa Presiden akan memberikan Sri Mulyani wewenang dan kelonggaran besar dalam menentukan arah kebijakan ekonomi Indonesia. Sebuah bagian besar dari pemerintah saat ini kecenderungan yang kuat terhadap intervensi pemerintah dalam perekonomian sering dengan mengorbankan profitabilitas sektor swasta," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5791 seconds (0.1#10.140)