Bank Indonesia Ingin UMKM Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 01:26 WIB
Bank Indonesia Ingin UMKM Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Bank Indonesia Ingin UMKM Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
A A A
JAKARTA - Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, UMKM telah menjadi katalis pemulihan ekonomi Indonesia ketika kondisi perekonomian mengalami tekanan, seperti yang terjadi pada tahun 1997-1998.

Saat ini, kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional mencapai 60,3% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan 97% tenaga kerja. Untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB, Bank Indonesia siap memberi dukungan dengan mendorong perbankan giat menyalurkan kredit terhadap UMKM.

"Kita menyadari bahwa UMKM masih menghadapi tantangan yang tidak ringan seperti keterbatasan permodalan, akses pasar, dan masih terbatasnya keterampilan sumber daya manusia. Di era perdagangan bebas saat ini, UMKM juga harus bersaing dengan produk asing yang telah membanjiri Indonesia," kata Agus dalam pembukaan pameran “Karya Kreatif Indonesia” di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, kondisi ini perlu menjadi perhatian bersama dan dicarikan solusinya. Diperlukan terobosan dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing sehingga UMKM dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan dapat didorong untuk bersaing di luar negeri.

Agus pun menyebut, masih banyak UMKM yang belum memiliki akses kepada pembiayaan perbankan. Padahal, akses permodalan merupakan salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan UMKM.

"Dengan pendekatan rekening, hanya 22% dari total UMKM yang memilliki akses kepada kredit perbankan. Maka dari itu, Bank Indonesia mendorong perbankan untuk meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM," ujar dia.

Peningkatan akses pembiayaan kepada UMKM ditujukan agar fungsi intermediasi perbankan lebih seimbang karena jumlah debitur UMKM yang banyak akan mendukung menyebarnya eksposur kredit perbankan.

Selain itu, UMKM yang kuat dan terhubung dengan layanan bank, akan mendukung peningkatan basis sumber dana perbankan yang lebih sustainable.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4057 seconds (0.1#10.140)