Inflasi Zona Euro Masih Rendah Pada Agustus

Kamis, 01 September 2016 - 15:36 WIB
Inflasi Zona Euro Masih Rendah Pada Agustus
Inflasi Zona Euro Masih Rendah Pada Agustus
A A A
BRUSSELS - Inflasi zona euro tercatat tetap lemah pada Agustus, untuk membuka peluang terkait kebijakan lanjutan Bank Sentral Eropa untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Inflasi zona euro tidak berubah pada level 0,2% dibandingkan Juli, hal ini di bawah perkiraan analis sebelumnya yang memprediksi ada sedikit kenaikan.

Dilansir BBCnews, Kamis (1/9/2016) Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) telah mengumumkan sejumlah langkah-langkah stimulus, namun target inflasi masih tetap berada pada jalur target di bawah 2%. Sementara data terpisah menunjukkan tingkat pengangguran tetap berada pada level 10,1% di bulan Juli.

Sebelumnya analis telah meramalkan ada sedikit penurunan pada level pengangguran saat ini. Di sisi lain inflasi zona euro yang tidak berubah disebabkan harga makanan, layanan dan barang industri tidak mengalami kenaikan terlalu besar di Juli sedangkan penurunan harga di sektor energi tidak terlalu tajam.

Pada Maret tahun ini, ECB telah mengambil langkah dalam upaya mendongkrak ekonomi zona euro dengan pemotongan suku bunga utama dari 0,05% menjadi 0% dan tingkat deposito bank dari minus 0,3% menjadi minus 0,4%. ECB sudah melakukan pelonggaran kuantitatif dan saat ini membeli obligasi senilai 80 miliar euro.

Dijadwalkan pada pekan depan, dewan pengurus bank akan melakukan pertemuan ketika analis tidak yakin apakah akan mengumumkan langkah-langkah kebijkan baru. "Tampaknya akan ada tekanan apakah ECB akan kembali mengambil kebijakan pada 8 September atau mempertahankan sikap wait and see untuk melihat sejauh mana kinerja ekonomi zona euro," ucap Kepala Ekonom Inggris dan Eropa IHS Global Insight Howard Archer
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1287 seconds (0.1#10.140)