Kebutuhan Hewan Kurban di Jateng Naik Tiga Kali Lipat

Rabu, 07 September 2016 - 04:13 WIB
Kebutuhan Hewan Kurban di Jateng Naik Tiga Kali Lipat
Kebutuhan Hewan Kurban di Jateng Naik Tiga Kali Lipat
A A A
SEMARANG - Kebutuhan hewan kurban pada hari raya Idul Adha di Jawa Tengah tahun ini diperkirakan mencapai 400 ribu ekor, atau meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto mengatakan, kebutuhan hewan kurban akan dipasok dari daerah-daerah yang menjadi kantong populasi hewan kurban, seperti Boyolali, Wonogiri, Demak, Grobogan, Blora, dan lainnya.

“Kebutuhan sapi potong untuk Idul Adha sekitar 100.000 ekor, kambing dan domba antara 300.000 hingga 400.000 ekor. Belum lagi kebutuhan kerbau, dimana sejumlah daerah mempercayai kerbau sebagai salah satu hewan kurban,” katanya, Selasa (6/9/2016).

Dia mengaku, meskipun kebutuhan hewan kurban diprediksi mengalami peningkatan, namun stok hewan kurban di Jateng masih sangat mencukupi. Stok ternak yang tersebar di kantong-kantong produksi masih cukup banyak. Populasi untuk kambing sekitar 4 juta ekor lebih, domba 2,3 juta ekor, kerbau 70.000 ekor, dan sapi ratusan ribu ekor.

“Jateng merupakan daerah dengan populasi sapi dan hewan ternak lainnya yang terbesar di Indonesia, sehingga tidak akan kekurangan,” imbuhnya.

Selama menjelang perayaan hari raya kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan aktif menurunkan tim untuk melakukan pengawasan kesehatan terhadap hewan ternak, untuk memastikan tenak yang dikurbankan layak konsumsi dan sudah sesuai dengan ketentuan khusunya dari segi umur.

“Kami juga akan menggandeng MUI terkait penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat Islam,” ucapnya.

Sementara itu beberapa hari menjelang perayaan Idul Adha, pedagang hewan kurban mulai muncul di sejumlah tempat di Kota Semarang, khususnya yang dekat dengan pemukiman padat penduduk.

Seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Durian Raya Banyumanik Kota Semarang. Di sepanjang jalan tersebut setidaknya ada tujuh lokasi penjualan hewan kurban.

Sujari, salah satu penjualan hewan kurban mengaku setiap kali perayaan Idul Adha harga hewan kurban baik sapi maupun kambing mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dari hari biasanya.

“Untuk kambing harga mulai Rp1,7 juta sampai 3 juta, sedangkan untuk sapi mulai dari Rp17 juta sampai 30 juta tergantung ukurannya,” katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5945 seconds (0.1#10.140)