DPR Nilai Tender PLTGU Jawa 1 Berjalan Baik

Senin, 10 Oktober 2016 - 13:19 WIB
DPR Nilai Tender PLTGU Jawa 1 Berjalan Baik
DPR Nilai Tender PLTGU Jawa 1 Berjalan Baik
A A A
JAKARTA - Tender PLTGU Jawa 1 yang digelar oleh PT PLN (Persero) dinilai sejumlah kalangan berjalan cukup baik. Bahkan, tender tersebut akan menjadi rujukan PLN ketika akan menggelar tender serupa.

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan mengatakan, jika PLN terus menggelar tender dengan sistem transparan dan memilih pemenang sesuai pilihan terbaik. Maka, hal itu bisa menjadi standar baku saat PLN akan melakukan tender pembangkit lainnya.

"Perlu dipahami, bila PLN bisa memilih pemenang tender, baik itu perusahaan single ataupun konsorsium yang memberikan penawaran terbaik, tentu hal ini bisa menjadi penghematan luar biasa bagi PLN dan negara," kata dia dalam rilisnya yang diterima Sindonews, Jakarta, Senin (10/10/2016.

Dia menjelaskan, pemilihan pemenang tender selain persoalan harga yang rendah, persoalan kualitas spesifikasi juga mutlak harus dilakukan perusahaan setrum pelat merah tersebut.

Di satu sisi, terkait tender PLTGU Jawa 1, lanjut Gus Irawan, berdasarkan informasi yang diperolah, konsorsium PT Pertamina (Persero) dikabarkan memberikan harga termurah.

"PLN kabarnya telah melakukan evaluasi harga terhadap tender pembangkit berkapasitas 2x800 megawatt (MW) tersebut. Evaluasi konon dilakukan akhir September," ujarnya.

Pertamina menggandeng Marubeni dan Sojits ketika mengikuti tender tersebut. Tawaran yang diajukan konsorsium Pertamina tersebut berada di urutan pertama, sedangkan urutan kedua ditempati konsorsium PT Adaro Energi Tbk-Sembcorp Utilities PTY Ltd.

"Perbedaan harga katanya mencapai USD2,3 miliar hingga USD2,4 miliar sepanjang masa kontrak. Harga yang ditawarkan Pertamina bisa menjadi acuan PLN terkait proyek berikutnya," jelas dia.

Menurutnya, jika tercipta harga dengan kepastian tetap menjaga kualitas dan standar yang telah ditetapkan, hal itu bisa menjadi rujukan untuk tender berikutnya.

Anggota Komisi VII DPR Hari Purnomo mengapresiasi kepada PLN terkait evaluasi tender PLTGU Jawa 1 tersebut. "Apa yang dilakukan PLN merupakan penghematan keuangan negara yang luar biasa, sepanjang spesifikasi teknisnya sesuai persyaratan yang diminta," katanya.

Konsorsium Pertamina, lanjut Hari, pasti telah memerhitungkan secara matang dan detail penawaran tender tersebut. Dia yakin Pertamina akan bisa menuntaskan proyek tersebut dengan baik.

"Jika PLN menunjuk konsorsium Pertamina sebagai pemenang, dengan penawaran harga terbaik dan spesifikasi memenuhi persyaratan yang diminta, berarti bisa menjadi benchmark bagi proyek PLN selanjutnya," jelasnya.

Sekadar informasi, tender PLTGU Jawa 1 diikuti empat konsorsium, yakni konsorsium Mitsubishi Corp-JERA-PT Rukun Raharja Tbk-PT Pembangkitan Jawa Bali, dan konsorsium PT Adaro Energi Tbk-Sembcorp Utilities PTY Ltd.

Kemudian, konsorsium PT Medco Power Generation Indonesia-PT Medco Power Indonesia-Kepco dan Nebras Power, serta konsorsium Pertamina-Marubeni-Sojits.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)