BI Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Syariah

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 22:02 WIB
BI Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Syariah
BI Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Syariah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis syariah. Dalam hal ini, pesantren dinilai memiliki peran strategis dalam mendorong ketahanan pangan dan pengembangan bisnis syariah karena umumnya bergerak di sektor pertanian dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah.

Direktur Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari mengatakan, sebagian besar pesantren merupakan pusat-pusat ekonomi desa yang berperan dalam pengembangan riil aktivitas ekonomi syariah. "Lulusan pesantren (alumni) berpotensi tinggi untuk menjadi wirausaha/UMKM Unggulan terutama bergerak pada sektor pertanian," ujarnya di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Dia menambahkan program pemberdayaan UMKM berbasis syariah ada tiga point penting di dalamnya, pertama melalui pemberdayaan ekonomi pesantren. Kedua, dengan kajian dan penelitian dalam rangka pengembangan UMKM berbasis syariah, antara lain Lending Model Syariah terkait Usaha Pengembangbiakan Sapi Pedaging, Budidaya Bawang Merah dan Industri Pakaian Jadi Muslim.

Serta pilot selanjutnya project penguatan akses keuangan UMKM melalui pemanfaatan layanan keuangan syariah, yang berlokasi di Garut dan NTB. Menurutnya, program pemberdayaan ekonomi pesantren bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan keterampilan lembaga pondok pesantren untuk mendukung keberlanjutan kemandirian ekonomi.

"Kemudian mendukung peningkatan kemampuan kewirausahaan di lembaga pondok pesantren, serta menjadikan santri dan alumni pesantren sebagai pionir wirausaha di masyarakat," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)