Harga Minyak Dunia Anjlok Saat OPEC Diragukan Potong Produksi

Kamis, 27 Oktober 2016 - 09:21 WIB
Harga Minyak Dunia Anjlok Saat OPEC Diragukan Potong Produksi
Harga Minyak Dunia Anjlok Saat OPEC Diragukan Potong Produksi
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia pada perdagangan hari ini semakin anjlok menyentuh level di bawah USD50 per barel, ketika OPEC (Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia) diragukan bakal mampu menyatukan anggotanya serta Rusia untuk membatasi produksi minyak. Seperti diketahui belakangan OPEC tengah genjar mencoba untuk membekukan produksi untuk menjaga pasokan Internasional.

Dilansir Reuters, Kamis (27/10/2016) harga minyak mentah berjangka Brent sempat merangkak naik hingga di atas level USD50 per barel pada awal perdagangan, namun balik terpuruk menjadi USD49,91 per barel pada pukul 0.034 GMT atau turun 7 sen dibandingkan sesi terakhir. Sedangkan harga minyak berjangka AS diperdagangkan pada level USD49,17 per barel atau menyusut 1% dari sesi sebelumnya.

Pelaku pasar menerangkan Brent sempat berjuang hingga melewati USD50 per barel, namun keraguan terhadap OPEC untuk mengurangi produksi telah memberikan tekanan cukup besar. Pasalnya Rusia secara terang-terangan menolak upaya pembekuan produksi dengan tujuan menompang harga minyak untuk kembali ke level tertinggi. Pemerintah Rusia sendiri justru coba memikat investor dengan meningkatkan produksi minyak mereka yang saat ini menyentuh rekor 4,43 juta barel per hari.

Di pasar minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) berjangka CLc1 menerima dukungan awal 553,000 barel dari persediaan minyak mentah sebesar 468,16 juta barel. Tetapi beberapa analis mengatakan bahwa data penurunan produksi adalah sesuatu yang menyesatkan, karena menurutnya produksi AS semakin bertambah.

"Penurunan 553.000 barel dalam sepekan yang berpusat di Pantai Barat, yang terisolasi dari seluruh jaringan. Saat ini persediaan benar-benar meningkat sepanjang pesisir Timur dan teluk pantai," kata bank ANZ.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5574 seconds (0.1#10.140)