alexa snippet

Menkeu Sri Mulyani Soroti Kondisi Ekonomi AS

Menkeu Sri Mulyani Soroti Kondisi Ekonomi AS
Menkeu Sri Mulyani mengatakan, ketidakpastian yang berasal dari luar negeri sedikit banyak turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ketidakpastian yang berasal dari luar negeri sedikit banyak turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia mencontohkan salah satunya seperti kondisi politik dan ekonomi di Amerika Serikat (AS) yang bakal melaksnakan pemilihan presiden (Pilpres).

Terlebih lagi, isu soal kenaikan suku bunga acuan AS alias Fed rate hampir yang diprediksi bakal terjadi akhir tahun ini, menurutnya bisa menimbulkan gejolak ekonomi ke negara-negara emerging market.

"‎Prinsipnya, ketidakpastian yang berasal dari luar negeri, apakah itu dampak kebijakan dari Federal Reserve atau dari sisi Pemilu di negara maju, di negara lain, kita tentu dari sisi pengolahan perekonomian akan melihat semua sektor. Namun dari global juga mempengaruhi," terang Sri Mulyani di, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Dari sisi-sisi sumber ekonomi, lanjut dia, jika melihat dari berbagai sektor, apakah ini akan berpengaruh ke ekspor atau impor. Sementara dari sisi arus modal, menurut dia tentu saja akan berpengaruh ke nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara maju.

"Itu semua akan dilihat bagaimana kita mencoba menetralisir dan memperkuatnya, agar tidak terlalu berdampak untuk dalam negeri," imbuhnya.

Dia menambahkan juga meminta koordinasi perbankan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia (BI) untuk lebih sering membahas dan mencari solusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedikit banyak dipengaruhi global.

"Dari perbankan, dari OJK dan BI, mereka terus melakukan koordinasi untuk melihat kemampuan dari neraca maupun modal mereka saat terjadi perubahan kegiatan ekonomi maupun sentimen," tutupnya.



(akr)
dibaca 3.015x
loading gif
Top