alexa snippet

Pertemuan Menkeu se-ASEAN Resmi Digelar di Jakarta

Pertemuan Menkeu se-ASEAN Resmi Digelar di Jakarta
Kemenkeu menggelar The 11th ASEAN Financial Ministers Investors Seminar (AFMIS)? yang mempertemukan para Menteri Keuangan dan para investor se-ASEAN. Foto/Lily
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan ASEAN Secretariat menyelenggarakan The 11th ASEAN Financial Ministers Investors Seminar (AFMIS)‎ di Jakarta. Seminar yang mempertemukan para Menteri Keuangan dan para investor se-ASEAN ini mengangkat tema "ASEAN: Dynamic, Resilient, and Inclusive Growth".

Wakil Menteri ‎Keuangan Mardiasmo dalam sambutannya mengatakan, seminar kali ini akan difokuskan mengenai kekuatan ekonomi regional guna menghadapi gejolak perekonomian global. Khususnya, pasca diberlakukannya ASEAN Economic Community (AEC) pada awal 2016.

"Diskusi pada ketidakpastian global yang terjadi belakangan ini, perdagangan global stagnan dan harga komoditas melorot," katanya di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Selain itu, sambung dia, seminar ini juga akan membahas mengenai perubahan kebijakan Amerika Serikat (AS) pasca Pemilihan Presiden AS beberapa waktu lalu, perceraian antara Uni Eropa dan Inggris (Brexit), hingga pertumbuhan ekonomi China yang terus menurun belakangan.

"Tapi saya percaya, stabilitas ekonomi ASEAN akan berlanjut di masa yang akan datang. Apalagi ASEAN telah mendemonstrasikan impresive growth yang dikombinasikan dengan stabilitas di masa ketidakpastian ini," imbuh dia.

Menurutnya, tiga sektor yang menjadi kekuatan ASEAN untuk menghadapi gejolak perekonomian global adalah energi, pariwisata, dan infrastruktur. Tak bisa dipungkiri, negara-negara di ASEAN memiliki kekuatan di sektor energi dan pariwisata yang menjadi salah satu kunci pertumbuhan di regional.‎

"Infrastruktur dan konektifitas sangat esensial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di regional ASEAN dan menjadi kekuatan daya saing," tandasnya.



(akr)
dibaca 3.417x
loading gif
Top