Bank Mandiri Salurkan Bantuan Sosial Nontunai di Bekasi

Senin, 28 November 2016 - 01:45 WIB
Bank Mandiri Salurkan Bantuan Sosial Nontunai di Bekasi
Bank Mandiri Salurkan Bantuan Sosial Nontunai di Bekasi
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mendukung penyaluran bantuan sosial nontunai dari pemerintah. Pada akhir pekan ini, penyaluran bantuan sosial nontunai dilakukan di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, jumlah penerima bantuan yang diberikan di Bekasi pekan ini sebanyak 1.168 penerima dengan total nilai sebesar Rp428 juta. Bekasi merupakan kota kelima penyaluran bantuan sosial nontunai dari 14 kota yang direncanakan.

"Penyaluran bantuan dilakukan bersama bank-bank Himbara lain. Melalui penyaluran bansos melalui sistem ini, kami juga ingin mengedukasi masyarakat untuk menabung dan menggunakan uang seperlunya saja sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Pada penyaluran di Bekasi, Bank Mandiri menyiapkan 30 pegawai untuk melakukan verifikasi penerima bantuan, menyerahkan kartu dan mengoperasikan edc untuk membantu penarikan tunai.

Penyaluran dana bantuan sosial nontunai PKH ini dilakukan tanpa dipungut biaya atau zero cost. Uji coba penyaluran dilakukan untuk pertama kali dengan penyaluran bantuan sosial nontunai PKH secara simbolis di Pendopo Balai Budaya, Kabupaten Gianyar, Bali, beberapa waktu lalu.

Pada uji coba itu, sebanyak 695.493 penerima manfaat bantuan sosial di 68 kabupaten kota akan menjadi proyek percontohan penyerahan banuan sosial program PKH dari tunai menjadi nontunai.

Sistem yang dipakai menggunakan Kartu Combo yang memiliki multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet dengan basis server yang dapat menyimpan data-data penyaluran bantuan PKH serta kartu tersebut berfungsi dengan basis TabunganKu. Teknis pelaksanaan pengambilan bantuan nontunai dilakukan melalui agen-agen perbankan, ATM, dan outlet bank tertentu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9413 seconds (0.1#10.140)